Menpar setujui "Tour De Ranau"

id Danau Ranau,Arief Yahya,Menteri Pariwisata,Tour De Ranau,wisatawan ke Sumatera Selatan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemban

Menpar setujui "Tour De Ranau"

Kawasan Danau Ranau. (inboundarietours.wordpress.com)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyetujui Danau Ranau menjadi tempat festival internasional Tour De Ranau untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan.

Rencana digelarnya agenda bergengsi itu disampaikan usai berbincang dengan Menteri Pariwisata di VIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Kamis.

Gubernur mengatakan, menteri menyetujui Tour De Ranau tersebut sehingga daerah ini perlu mempersiapkan diri.

Tour De Ranau 2019 ini membuktikan kalau destinasi wisata Sumsel tak kalah dengan provinsi lainnya baik di wilayah Sumatera seperti Padang maupun daerah di Pulau Jawa.

Menurut gubernur, setelah mendapat persetujuan lisan dari Menpar? selanjutnya pihaknya akan melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

Paling lambat sebelum akhir 2019 agenda kelas dunia itu diyakininya akan segera terealisasi.

"Secepatnya kita koordinasi dengan Kementerian dan Pemda setempat. Sambil ini berjalan kita mempersiapkan infrastrukturnya yang memang sudah kita anggarkan mencapai hampir Rp1,5 triliun tahun? ini," jelasnya.

Dengan diadakannya Tour De Ranau ini ia menargetkan pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi akan semakin cepat terealisasi. Termasuk di dalamnya akses transportasi dan akomodasi seperti hotel, villa,restoran serta penunjang lainnya yang diharapkan dapat ikut mendongkrak perekonomian masyarakat.

Sementara Menteri Pariwisata mengatakan, Tour De Ranau selain merangsang peningkatan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri, agenda internasional itu juga diharapkan semakin mempercepat pertumbuhan pembangunan infrastruktur.

Menurut menteri, terobosan menggelar Tour De Ranau ini sesuai dengan visi pemerintah yang bertekad menjadikan sektor pariwisata sebagai penghasil devisa terbesar di Indonesia.

Pertumbuhan pariwisata Indonesia tercepat di dunia. Tumbuh tiga kali lipat dari pasar. Dampak langsungnya menetes dirasakan masyarakat, ujar menteri.

Selain Sungai Musi dan Gunung Dempo, Tour De Ranau itu tentu bagus sekali sehingga pihaknya menyetujui.

Memang, lanjut dia,?selepas menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Sumsel punya beberapa agenda yang masuk Top 100 kalender kegiatan? pariwisata nasional, di antaranya Ziarah Qubra dan Festival Sriwijaya.

Selain itu masih ada acara-acara lain, seperti Festival Imlek dan Cap Go Meh, tambah dia.