Bantal pesawat ditemukan dalam usaha mencari Sala

id pesawat jatuh,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera,Emiliano Sala,pen

Bantal pesawat ditemukan dalam usaha mencari Sala

Arsip- Penyelaman mencari pesawat hilang kontak. (ANTARA FOTO/H0-Basarnas)

London (Antara/Reuters) - Para penyelidik pencarian pesawat hilang yang membawa pemain sepak bola Liga Premier Emiliano Sala menyatakan telah menemukan dua bantal kursi di pantai Prancis yang kemungkinan bagian pesawat tersebut.

Menurut laporan Reuters, Kamis, berdasarkan temuan tersebut akan dilakukan pencarian bawah laut sesegera mungkin.

Pesawat tersebut hilang, saat penyerang kelahiran Argentina berusia 28 tahun itu dalam perjalanan dari Nantes, Prancis barat ke Cardiff City untuk melakukan debutnya.

Pesawat yang dipiloti David Ibbotson itu hilang kontak ketika berada di atas Selat Inggris pada 21 Januari.

Cabang Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) Inggris mengatakan telah mendapat kabar pada hari Senin bahwa bagian dari bantalan kursi telah ditemukan di pantai dekat Surtainville, Semenanjung Cotentin Prancis utara.

Sedangkan bantal kedua ditemukan di daerah yang sama tidak lama kemudian di hari yang sama.

"Dari pemeriksaan pendahuluan, kami menyimpulkan ada kemungkinan bantal tersebut berasal dari pesawat yang hilang," kata AAIB dalam sebuah pernyataan.

Penyelidik mengatakan mereka sekarang berencana untuk meluncurkan pencarian dasar laut untuk mencari pesawat. Akibat kondisi cuaca, pencarian akan dimulai pada akhir pekan ini dan memakan waktu hingga tiga hari.

"Berdasarkan penilaian rinci dari jalur penerbangan dan posisi radar terakhir yang diketahui, kami sekarang mengidentifikasi area pencarian prioritas sekitar empat mil laut persegi," kata mereka.

Wahana pencari bawah air (ROV) akan digunakan untuk memeriksa secara visual setiap bagian pesawat yang kemungkinan ditemukan.

Operasi yang didanai secara pribadi juga akan dilakukan untuk mencari puing-puing pada hari Minggu.

Sala telah melakukan perjalanan dari Nantes untuk melakukan debutnya di klub Liga Premier Cardiff City setelah menandatangani nilai kontrak termahal bagi klub itu lebih dari Rp274 miliar.

Sebelumnya, tim pencari menjelajahi sekitar 1.700 mil persegi untuk mencari pesawat bertipe Piper Malibu bermesin tunggal itu, namun hasilnya gagal sampai sekarang.

Pesawat itu terbang pada ketinggian 1.525m ketika pilot meminta untuk turun ke ketinggian yang lebih rendah saat melewati Guernsey, yang kemudian hilang kontak dengan radar di ketinggian 700 meter.

Pada hari Selasa, Cardiff memainkan pertandingan pertama mereka sejak menghilangnya Sala, meski harus kalah 1-2 dari Arsenal.