Gubernur Sumsel gagas pembuatan Taman Safari Pagaralam

id Taman Safari Pagaralam,Herman Deru,Gubernur Sumatera Selatan,habitat satwa, kata Gubernur Sumsel,Yayasan Belantara,berita sumsel,berita palembang,anta

Gubernur Sumsel gagas pembuatan Taman Safari Pagaralam

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. (Dok.Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menggagas pembuatan Taman Safari di Kota Pagaralam karena wilayah pegunungan tersebut sangat potensial.

Taman Safari itu penting untuk mengedukasi masyarakat agar mencintai alam serta mempertahankan habitat satwa, kata Gubernur Sumsel di Palembang, Selasa.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak Yayasan Belantara untuk mewujudkan Taman Safari di Kota Pagaralam itu.

Ia mengatakan, Yayasan Belantara merupakan yayasan nonprofit namun sangat peduli pada pelestarian alam berikut dengan satwanya. Kiprah Yayasan Belantara tidak diragukan lagi di Indonesia karena begitu banyak kontribusinya kepada negara.

Dia mengatakan, pendirian Taman Safara karena di Sumsel masih banyak satwa di antaranya harimau, gajah, dan orang utan tapi jika dibiarkan atau tidak dijaga dengan baik, akan punah juga.

Karena itu, satwa tersebut harus dilestarikan dengan mendirikan Taman Safari.

Mengenai pemilihan Kota Pagaralam , ia mengatakan, sangat beralasan karena daerah pegunungan itu merupakan salah satu daerah yang masih memiliki hutan dan keanekaragaman hayati.

Menurut dia, mempertahankan kelestarian alam dan sungai harus memiliki contoh seperti Taman Safari, yang akan mengedukasi anak cucu agar cinta terhadap satwa dan lingkungan.

"Jangan sampai berapa dekade mendatang generasi muda sudah tidak mengetahui lagi jenis hewan yang ada saat ini karena sudah punah," ujar gubernur.

Sementara itu Dewan Penasehat Yayasan Belantara Erna Witoelar saat silaturahim dengan Gubernur, mengatakan, Yayasan Belantara berkerja di 5 provinsi antara lain Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Riau, Sumsel.

Sementara untuk di Sumsel sangat potensial karena komitmen pemerintahnya yang sangat kuat dalam pelestarian lingkungan.

Untuk itu Yayasan Belantara bisa menjembatani dengan para investor, dan organisasi lingkungan sosial yang lain yang mempunyai tingkat kepedulian terhadap masyarakat, tambah dia.