Buah duku ramai diperdagangkan di Palembang

id duku,pedagang duku,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Buah duku ramai diperdagangkan di Palembang

Seorang pedagang buah duku tengah merapikan dagangannya di pinggir jalan Kota Palembang (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Buah musiman seperti duku ramai diperdagangkan di Kota Palembang, karena pasokan buah tersebut dari sentra produksi sejumlah daerah Sumatera Selatan pada Januari 2019 ini berlimpah.

Pantauan Antara disejumlah pasar tradisional, dan jalan menuju kawasan permukiman penduduk di Palembang, Minggu, tampak pedagang buah duku dapat dengan mudah ditemui.

Pedagang buah musiman itu menggelar barang dagangannya di lapak kaki lima, trotoar jalan, dan di mobil bak terbuka.

Salah seorang pedagang buah, Yangcik mengatakan, dalam sebulan terakhir sejumlah daerah sedang mengalami panen besar-besaran, setelah buah durian kini mulai panen buah duku yang kini pasokannya berlimpah.

Kondisi pasokan berlimpah, merupakan momentum yang tepat untuk dimanfaatkan berjualan buah musiman itu karena bisa diperoleh dengan harga murah dan menjualnya tidak terlalu sulit karena harga yang ditawarkan kepada pembeli cukup terjangkau.

Dalam kondisi pasokan berlimpah sekarang ini, buah durian bisa dijual dengan harga Rp10.000 hingga Rp35.000 per buah tergantung ukuran besar kecilnya.

Kemudian buah duku dijual dengan harga berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram.

Buah durian yang banyak dijual di pasaran sekarang ini berasal dari Kabupaten Musirawas dan sekitarnya, sedangkan duku berasal dari wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Sementara pedagang buah musiman lainnya, Rahmadi mengatakan, selain buah durian dan duku, sekarang ini Kota Palembang sedang banyak pasokan buah rambutan dan cempedak.

Buah rambutan dan cempedak yang meramaikan pasaran buah di kota yang dikenal dengan ikon Jembatan Ampera ini sebagian besar berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).