Polres sidak pasar jelang Natal

id sidak pasar,polres oku,harga sembako,natal,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Polres sidak pasar jelang Natal

Kapolres Ogan Komering Ulu, AKBP NK Widayana Sulandari bersama tim gabungan sidak pasar menjelang Natal dan tahun baru (ANTARA News Sumsel)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Tim gabungan Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Bersama pemerintah daerah setempat dan TNI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional untuk memantau lonjakan harga bahan pangan menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Tim gabungan yang juga melibatkan anggota TNI Kodim 0403 Ogan Komering Ulu ini untuk melakukan sidak di dua pasar dalam Kota Baturaja yaitu Pasar Baru dan Pasar Atas," kata Kapolres Ogan Komering Ulu AKBP NK Widayana Sulandari di Baturaja, Sumsel, Rabu.

Dia mengemukakan, sebelum melakukan sidak petugas gabungan terlebih dahulu melakukan video conference dengan Mabes Polri terkait kabar kenaikan sejumlah bahan pangan di sejumlah daerah menjelang Natal dan Tahun Baru.

Dalam video conference tersebut, kata dia, Kapolri meminta tim gabungan Polres Ogan Komering Ulu untuk mengecek langsung ke sejumlah pasar guna memastikan apakah ada kenaikan harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Termasuk stok atau ketersediaan bahan pokok ini juga harus dipastikan dan diawasi," ungkapnya.

Dari hasil pantauan tersebut lanjut dia, terdapat sejumlah bahan pokok yang dijual pedagang di pasar setempat mengalami kenaikan seperti harga daging ayam naik kisaran Rp1.000-Rp2.000/kilogram (kg) dan bawang merah melonjak sebesar Rp4.000/kg.

"Selanjutnya telur ayam juga mengalami kenaikan harga dari sebelumnya Rp23.500/kg menjadi Rp24.000/kg. Sementara untuk minyak goreng harganya cenderung turun," jelasnya.

Selain itu, pangan lainnya yang mengalami penurunan harga juga terjadi pada bawang putih yaitu turun sebesar Rp7.000/kg dari sebelumnya dipatok pedagang seharga Rp25.000/kg menjadi Rp18.000/kg.

Sedangkan untuk harga cabai, beras dan daging harganya saat ini masih stabil, namun tidak menutup kemungkinan akan melonjak mendekati Natal pada 25 Desember 2018.

"Untuk saat ini kenaikan harga sejumlah kebutuhan pangan masih dalam batas wajar, namun jika terus naik akan kami telusuri apa penyebab kenaikannya," ujarnya.