Harga jagung tembus Rp48.000 per kilogram

id jagung,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,harga jagung,petani jagung,Harga jual jagung

Harga jagung tembus Rp48.000 per kilogram

Petani memanen jagung yang lahannya berada di Hutan Tanam Industri (HTI) Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Ogan Komering Ilir (OKI). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Harga jual jagung di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, di tingkat petani di wilayah itu menjelang pergantian Tahun Baru menembus angka Rp48.000 per kilogram.

"Jelang pergantian tahun, tanaman jagung petani banyak belum berproduksi sehingga harga jagung menjadi mahal," kata Yuliko Saputra, salah satu pembina petani jagung di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Ogan Komering Ulu, di Baturaja, Sumatera Selatan, Selasa.

Menurut dia, hal tersebut dapat memicu naiknya harga jual jagung di tingkat petani yang saat ini mencapai Rp48.000 per kilogram.

Dia mengemukakan, sebagian besar jagung saat ini masih dalam masa tanam, sehingga tidak banyak jagung untuk dijual yang memicu naiknya harga di pasaran. "Oleh sebab itulah harga menjadi mahal," katanya.

Secara terpisah, Imron salah seorang warga Baturaja mengaku jagung merupakan makanan yang kerap dicari saat jelang pergantian tahun.

Pangan ringan tersebut, kata dia, bisa menjadi kudapan yang biasanya disajikan dengan cara dipanggang terlebih dulu saat menyambut pergantian tahun baru nanti.

"Jadi meskipun harganya mahal tetap akan dibeli untuk santapan menyambut malam pergantian tahun nanti," ujarnya.