Harga getah karet di OKU turun drastis

id karet,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini

Harga getah karet di OKU turun drastis

Petani menyadap karet (ANTARA News Sumsel)

Baturaja, Sumsel 11/12 (ANTARA News) - Harga getah karet di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini turun drastis di angka Rp6.500/Kg dibandingkan sebelumnya yang harganya masih mencapai Rp8.900/Kg.

"Untuk getah karet 10 harian saat ini harga jualnya anjlok di angka Rp6.500/Kilogram (Kg)," kata salah seorang petani di Kecamatan Lubuk Raja, Ogan Komering Ulu, Supriyadi di Baturaja, Selasa.

Dia mengemukakan, sejak dua pekan terakhir harga jual getah karet di tingkat agen pengepul di wilayah itu mengalami penurunan yang signifikan mulai dari Rp8.900/Kg turun menjadi Rp7.200/Kg.

"Kemudian harganya turun lagi sejak dua hari lalu menjadi Rp6.500/Kg," katanya.

Menurut dia, penurunan harga tersebut membuat petani di wilayah setempat merugi karena hasil yang diperoleh dari menyadap pohon karet tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan seperti untuk pembelian pupuk dan lainnya.

"Biaya pembelian pupuk dan untuk membeli obat pembeku getah karet yang kami keluarkan setiap harinya cukup besar, sedangkan harga jual getah sekarang ini anjlok," kata Yadi petani getah karet lainnya menambahkan.

Hanya saja kata dia, musim penghujan saat ini menjadi berkah bagi petani di wilayah setempat karena pohon karet yang disadap mengasilkan getah yang berlimpah.

Saat musim hujan lanjut dia, dalam satu hektare lahan perkebunan setiap 10 harinya dapat memproduksi getah mencapai lebih dari 100 Kg, sedangkan ketika kemarau produksi getah hanya kisaran 60 Kg.

"Namun saat penghujan getah karet di wadah penampungan harus cepat diangkut agar tidak bercampur air," ujarnya.