Musi Banyuasin peroleh penghargaan manfaatkan karet aspal

id karet aspal,kreativitas pemanfaatan karet,Dodi Reza Alex Noerdin,Sekda Musi Banyuasin, Apriyadi,Desa Mulyo Rejo,berita sumsel,berita palembang

Musi Banyuasin peroleh penghargaan manfaatkan karet aspal

Dokumentasi- Bupati Muba Dodi Reza meluncurkan penggunaan aspal karet untuk meningkatan kualitas infrastruktur jalan dan penyerapan karet dalam negeri (Dok.Humas Muba)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mendapat penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas kreativitas pemanfaatan karet dari kebun rakyat untuk campuran aspal dalam proyek pembangunan dan perbaikan jalan di kabupaten setempat.

"Upaya Bupati setempat Dodi Reza Alex Noerdin memanfaatkan karet yang dihasilkan dari kebun rakyat yang beberapa tahun terakhir harganya anjlok untuk mengaspal jalan mendapat perhatian pemerintah pusat dan diapresiasi Kementerian PUPR," kata Sekda Musi Banyuasin, Apriyadi di Sekayu, Jumat. Dia menjelaskan Bupati Dodi Reza meresmikan peluncuran/launching uji terap aspal karet sepanjang 465 meter di Desa Mulyo Rejo (B4) Kecamatan Sungai Lilin, pada 11 Oktober 2018.

Peluncuran uji itu mendapat sambutan baik masyarakat yang memiliki kebun karet, karena harga karet di daerah tersebut bisa sedikit lebih baik dari daerah lain yang mengandalkan penjualan ke pabrik karet yang beberapa tahun terakhir harga pasaran ekspornya anjlok, jelasnya.

Menurutnya pihaknya berupaya memaksimalkan kebijakan penggunaan karet alam untuk campuran aspal dalam proyek infrastruktur jalan.

Pemanfaatan karet untuk aspal infrastruktur jalan dapat membantu penyerapan produksi karet daerah ini dan membantu petani karet menghadapi kondisi anjloknya harga di pasaran dunia.

Petani karet sudah cukup lama menderita karena harga karet yang dihasilkannya tidak juga bergerak naik sesuai dengan harapan.

Melalui kebijakan pemanfaatan karet untuk mengaspal jalan di kabupaten ini, diharapkan secara bertahap dapat mendongkrak harga karet hingga mencapai nilai yang cukup baik, ujar Sekda.

Sementara Plt Kepala Dinas PUPR Musi Banyuaisin, Herman Mayori menambahkan bahwa Kementerian PUPR memberikan penganugerahan kepada Pemkab ini sebagai bentuk apresiasi atas dinamika, kreativitas dan inovasi dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR.

Penghargaan tersebut dianugerahkan kepada pemerintah daerah yang mempunyai praktik terbaik (best practice) di bidang infrastruktur PUPR sehingga dapat menjadi percontohan serta motivasi bagi daerah lainnya di Tanah Air, katanya.