Sumsel siap tuan rumah rakor protokol nasional

id Iwan Gunawan Syaputra,rapat koordinasi protokol nasional se-Indonesia,berita sumsel,berita pale,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Sumsel siap tuan rumah rakor protokol nasional

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah rapat koordinasi protokol nasional se-Indonesia karena daerah ini rutin menjadi tempat berbagai kegiatan nasional dan internasional.

"Jika dipercaya, siap menjadi tuan rumah rapat koordinasi protokol se-Indonesia," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Sumsel Iwan Gunawan Syaputra di Palembang, Rabu.

Sebelumnya, kaat dia, belum ada rapat koordinasi protokol se-Indonesia. Namun, pihaknya siap menjadi tuan rumah.

Menurut dia, meski sudah menjadi tugas sehari-hari, kadang-kadang dalam implementasinya masih terkendala hal-hal yang tidak satu visi tidak satu misi.

Hal ini dikarenakan melayani pimpinan itu masih berpatokan dengan selera, padahal keprotokolan ada payung hukumnya.

Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Protokol, kata dia, mengatur tiga hal tata cara, tata tempat, dan tata penghormatan. Artinya, bagaimana memperlakukan pejabat negara sesuai dengan porsinnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengoordinasikan masalah tersebut, bahkan bila memang memungkinkan dan disetujui, pihaknya berencana membawa agenda rakor protokol se-Indonesia di Palembang.

"Ke depan kita juga akan mengundang, baik humas maupun protokol BUMN, ahli ilmu protokol dan ilmu praktis untuk membahas masalah keprotokolan," katanya.

Menurut dia, prinsip protokol tidak boleh salah. Oleh karena itu, rapat koordinasi penting untuk menambah wawasan sehingga menjadi sama pandangan.

"Intinya tugas protokol untuk melayani pimpinan jadi orang melihat pimpinan itu dari protokolnya dahulu," katanya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Edward Juliarta mengatakan bahwa aparatur sipil negara (ASN) ujung tombak dalam memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Apalagi, kata dia, bidang protokol dan humas sebagai garda terdepan yang berhubungan langsung dengan pimpinan sehingga bidang prokol menjadi hal utama.