Prajurit TNI bantu masyarakat bangun jamban umum

id membuat ec,ec,prajurit tni,Kodim 0418 Palembang,program Karya Bakti TNI,meningkatkan kesehatan masyarakat,TMMD,berita sumsel,berita palembang,antara s

Prajurit TNI bantu masyarakat bangun jamban umum

Dokumentasi- Pembuatan WC. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jajaran prajurit TNI dari Kodim 0418 Palembang, Sumatera Selatan, membantu warga membangun jamban untuk masyarakat umum.

Dandim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana di Palembang, Selasa mengatakan, kegiatan pembangunan jamban umum bagi warga ini merupakan bagian dari program Karya Bakti TNI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang.

Sementara tujuan pembuatan jamban ini untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, ujar dia.

Selain itu juga untuk memotivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan agar selalu bersih melalui buang air besar menggunakan jamban.

Dengan adanya jamban umum ini diharapkan nantinya para warga Kelurahan Pulokerto, Gandus dan sekitarnya yang tinggal di pinggiran tidak lagi BAB di sungai, ujar dia.

Dia mengatakan, bila buang air besar di sungai maka lingkungan akan tercemar dan bisa juga menebar bibit penyakit.

Jadi bila buang air besar mengunakan jamban maka lingkungan lebih higienis serta aman terutama bagi warga yang sudah lanjut usia maupun anak-anak, kata Dandim.

Dia mengatakan, memang saat ini pihaknya mengusulkan supaya di lokasi tersebut menjadi tempat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sehingga lingkungan semakin rapi dan bersih.

Dengan adanya TMMD maka secara bergotong rotong akan dibangun jalan, fasilitas umum, tempat olahraga, fasilitas sosial.

Bukan itu saja dengan adanya TMMD untuk meningkatkan kebersamaan antara perajurit TNI dengan masyarakat, ujar dia.

Sementara Ketua RW 23 Kelurahan Pulokerto, Damiri mengatakan, dibangunan jamban umum ini sangat membantu warga daerahnya.

Hal ini karena selama ini warganya masih ada yang belum memiliki jamban yang sehat dan bahkan sering BAB ke sungai.

Pihaknya berterima kasih dengan anggota TNI yang telah peduli kepada masyarakat dalam pembangunan jamban Umum, tambah dia.