Tukar Sampah dengan Emas di "The Gade Clean & Gold" Pegadaian

id pegadaian,the gade,sampah,emas

Tukar Sampah dengan Emas di "The Gade Clean & Gold" Pegadaian

Peresmian program PT. Pegadaian (Persero), The Gade Clean & Gold di Bank Sampah Sakura Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang oleh Pemimpin Wilayah III PT. Pegadaian (Persero), Mufri Yandi (empat kiri), Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota Palembang, Agus Kelana (tengah) dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani (tiga kiri) di Palembang, Senin (3/12). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Palembang meresmikan program “The Gade Clean & Gold” di Bank Sampah Sakura Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang, Senin (3/12).

“Kehadiran The Gade Clean & Gold telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat di Bekasi, Pekanbaru, dan Banjarmasin. Sekarang giliran masyarakat Palembang yang kami libatkan dalam program bersih-bersih ini,” kata Pemimpin Wilayah III PT. Pegadaian (persero) Palembang Mufri Yandi di Palembang.

Ia mengatakan program ini dilakukan khususnya pada bersih-bersih lingkungan, sehingga dapat mengubah sampah menjadi emas.

“The Gade Clean & Gold adalah program Pegadaian yang mengajak seluruh masyarakat untuk mengetahui cara yang baik dan benar dalam memilah sampah, dengan memberikan sebuah bimbingan dalam mengolah sampah menjadi tabungan emas Pegadaian,” jelasnya.

Ia mengatakan program ini dapat dijadikan salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga di Kelurahan Talang Kelapa dan sebagai upaya penghidupan warga sekitar dari pemanfaatan kembali sampah.

“Ini juga sebagai upaya untuk lebih mengenalkan produk-produk dari Pegadaian ke masyarakat serta membawa nilai sosial pada masyarakat,” ujar Mufri.

Mufri menargetkan melalui program ini nasabah tabungan emas dapat mencapai 20 ribu akun hingga akhir Januari 2019 mendatang.

“Tim Pegadaian akan membentuk rumah pengelolaan sampah, lalu  masyarakat akan diajarkan untuk mengolah sampah untuk dibagi menjadi sampah yang Organik dan Non-Organik,” ujarnya.

Mufri menambahkan sampah yang telah diolah akan disetor, ditimbang, diproses, dan diolah kembali untuk kemudian dapat ditukar dengan tabungan emas.

Pegadaian juga memberikan bantuan operasional untuk membangun Bank Sampah, yaitu satu unit mesin ayakan, satu unit mesin press, dan satu unit motor bak sampah. 

“Kami juga membuat sebuah taman The Gade Clean & Gold, pengecoran jalan, pembuatan gapura dan hangar di sekitar wilayah Bank Sampah,”ujarnya.

Pegadaian turut memberikan bantuan material untuk Mushola Fisabilillah Talang Kelapa sebesar Rp70 juta, bantuan perlengkapan sarana ibadah Masjid Al-Mukmim Lebak Jaya Pusri Rp25 juta, bantuan perlengkapan sarana ibadah Masjid Al-Karim Sukabangun Rp40 juta, bantuan perlengkapan sarana TPA Nurul Jamik Suro Rp20 juta, dan perlengkapan ibadah Gereja HKPB Sukamaju Keten Resort Anugrah Rp20 juta.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota Palembang, Agus Kelana  mengatakan sangat mengapresiasi program The Gade Clean & Gold ini.

“Diharapkan program ini tidak hanya dapat membantu seluruh masyarakat di Kelurahan Talang Kelapa, tapi seluruh masyarakat Sumatera Selatan khususnya Palembang,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan melalui program ini turut mengurangi volume sampah di Palembang.

“Program ini juga dalam satu tujuan dengan program Pariwisata Sapta Pesona dalam meningkatkan kebersihan kota Palembang untuk menarik wisatawan,” tutupnya.