Pemkab Ogan Komering Ulu terima bantuan bus

id bus,bantuan bus,oku,pemkab oku,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu, Aminelson

Pemkab Ogan Komering Ulu terima bantuan bus

Bus angkuta umum dar Kementrian Perhubungan yang diterima Pemkab Ogan Komering Ulu (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menerima kiriman lima unit bus angkutan umum bantuan dari Kementerian Perhubungan RI.

"Lima unit bus bantuan ini sudah kami terima sore kemarin," kata Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu, Aminelson di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, lima unit bus yang dikirim dari Kementrian Perhubungan RI tersebut merupakan jenis Bus Rapid Transit (BRT) atau sejenis angkutan umum.

"Pada awalnya Pemkab Ogan Komering Ulu mengusulkan bus sekolah, namun yang dikirim bus BRT. Tapi tidak masalah yang penting dapat bantuan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bus bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut berkapasitas 40 kursi yang terdiri 18 tempat duduk untuk umum, dua khusus penumpang disabilitas serta gantung tangan.

"Bus umum ini sejenis Trans Musi namun sudah pakai AC dan ada musik juga. Selain itu lengkap dengan alat keamanan serta sabuk pengaman di tiap kursi," jelasnya.

Terkait operasionalnya, kata Aminilson, lima unit bus tersebut mulai beroperasi mengangkut penumpang paling lambat Maret 2018 karena kelengkapan kendaraan itu harus disiapkan terlebih dahulu sebelum layak jalan.

"Seperti plat nomor akan diubah dulu ke Nopol Kabupaten Ogan Komering Ulu," jelasnya.

Dia menambahkan, armada tersebut diperuntukan mengangkut penumpang umum dan pelajar sekolah di wilayah itu sampai ke tujuan sesuai rute masing-masing.

"Nantinya pengoperasian bus ini akan dibuat trayek umum seperti rute Baturaja-Semidang Aji dan lainnya. Jadi bukan hanya untuk sekolah karena ini BRT (umum)," tegasnya.