Gubernur Sumsel serahkan bantuan peralatan pertanian

id Herman Deru,petani,petani indonesia,berita sumsel,berita palembang,bantuan alat pertanian,swasembada pangan,ketahanan pangna

Gubernur Sumsel serahkan bantuan peralatan pertanian

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyerahkan bantuan alat pertanian kepada petani Kabupaten Muaraenim sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah tersebut.

"Bantuan peralatan pertanian ini berupa traktor dan traktor tangan serta pompa untuk meningkatkan produksi pertanian," kata Herman Deru di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, pihaknya memberikan bantuan tersebut supaya Kabupaten Muaraenim lebih mengutamakan pertanian karena daerah itu cukup potensial di sektor tersebut.

"Apalagi kabupaten tersebut sektor pertaniannya cukup menjanjikan dalam mendukung swasembada pangan," katanya.

Namun, menurut dia, dengan memberikan bantuan tersebut bukan berarti pihaknya tidak mengutamakan sektor lain tetapi pertanian penting karena bisa menurunkan angka kemiskinan.

Oleh karena itu pihaknya terus mengoptimalkan pertanian apalagi sektor tersebut telah menjadi visi dan misi dalam pembangunan lima tahun ini.

"Selain itu pertanian langsung menyentuh kehidupan rakyat karena mayoritas penduduk Sumsel adalah petani," kata dia.

Walaupun demikian, ujar gubernur, pihaknya tetap memperhatikan sektor lain terutama unggulan daerah.

"Muaraenim juga sumber energi dan itu tetap menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sumsel," ujar dia.

Selain memberikan alat pertanian, Gubernur Sumsel juga menyerahkan sertifikat tanah kepada petani dan warga di Kabupaten Muaraenim tersebut.

Penyerahan 200 sertifikat gratis itu dilaksanakan saat peringatan hari ulang tahun ke-72 kabupaten tersebut.

Bukan itu saja tetapi juga memberikan bantuan berupa kursi roda dan tongkat untuk penyandang disabilitas dan bantuan lainnya.

Bupati Muaraenim Ahmad Yani mengatakan, pihaknya juga memberikan bantuan antara lain alat pertanian, traktor roda empat, motor untuk petugas PKH serta penyerahan bantuan untuk usaha baru termasuk penghargaan kepada wajib pajak terbaik.

"Semua itu untuk memotivasi dan mewujudkan swasembada pangan dengan mendorong peningkatan produksi pertanian," tambah dia.