Dinas Koperasi tingkatkan perekonomian UMKM

id Joni Amran,oku,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini,Bank Sumsel Babel,PT Semen Baturaja,ukm,umkm

Dinas Koperasi tingkatkan perekonomian UMKM

Gebyar Produk Unggulan Nusantara. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Koperasi Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan perekonomian pelaku Usaha Kecil dan Menengah melalui program pemberdayaan ekonomi dengan melibatkan sejumlah perusahaan di wilayah itu.

"Program pemberdayaan ekonomi ini sebagai bentuk pelayanan terbaik pemerintah daerah bagi seluruh pelaku usaha yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Ogan Komering Ulu Joni Amran di Baturaja, Jumat.

Selain itu kata dia, pihaknya juga menggelar seminar peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM guna mewujudkan program pemberdayaan ekonomi pelaku usaha tersebut.

Seminar peningkatan kemitraan usaha yang digelar pada Rabu (21/11) itu, melibatkan puluhan peserta pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

"Kami juga mengundang pihak perwakilan dari Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja dan PT Semen Baturaja sebagai mitra sekaligus narasumber pemberi materi dalam kegiatan tersebut," jelasnya.

Dia menjelaskan, seminar ini dilakukan untuk menjalin kerja sama antara pelaku UMKM dengan pihak perusahaan dalam usaha mikro melalui pinjaman dana guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kegiatan tersebut juga dapat memberikan kesempatan kerja dan ketahanan nasional," katanya.

Dia berharap dapat bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel dan PT Semen Baturaja agar program pemberdayaan ekonomi UMKM dapat tewujud.

"Sumber daya yang ada akan terus kami manfaatkan agar perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM lebih meningkat," ujarnya.