Rumah warga di pinggir sungai dicat berwarna

id rumah warna warni,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Dinas Perkim oku,bantaran sungai

Rumah warga di pinggir sungai dicat berwarna

Ilustrasi- Desa warna-warni. (Ist)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah rumah warga di pinggir Sungai Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan dicat berwarna-warni oleh pemerintah daerah setempat guna menata kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) agar terlihat indah.

"Pengecatan rencannya tahun ini," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Ogan Komering Ulu, Ulia Mahdi melalui Sekretaris Hasan HD di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan, pemerintah Ogan Komering Ulu melalui Dinas Perkim wilayah setempat pada 2018 akan mengecat ulang rumah warga yang terletak di bantaran Sungai Ogan agar terlihat menarik.

"Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menata Kota Baturaja termasuk penataan kawasan DAS agar tidak terlihat kumuh," tambahnya.

Dia mengemukakan saat ini pihaknya sedang mendata rumah warga di bantaran Sungai Ogan untuk dicat ulang agar terlihat lebih berwarna.

"Rumah itu berada di Lorong Ogan, Kelurahan Baturaja Lama, Kecamatan Baturaja Timur dan di depan eks Bioskop Sadar," katanya.

Rumah warga yang sudah didata tersebut, sebutnya nantinya akan dicat beraneka ragam warna terang seperti merah, hijau, kuning dan biru langit.

"Warnanya harus yang terang agar sedap dipandang mata," ungkapnya.

Terkait biaya pengecatan itu, Hasan mengakui pihaknya sudah menganggarkan sejumlah dana dan sekaligus akan menggandeng perusahaan swasta di Ogan Komering Ulu agar turut berpartisipasi dalam mensukseskan program pemerintah tersebut.

"Biaya untuk pengecatan rumah warga ini dilakukan secara gratis tidak dibebankan kepada masyarakat," ujarnya.