Mobil pemadam kebakaran bantu sedot banjir

id banjir,pbk,pemkot palembang,bpbd,sar

Mobil pemadam kebakaran bantu sedot banjir

Mobil 'reaksi cepat' Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPK-PB) Kota Palembang sedang menyedot genangan banjir di Jalan Kol. H. Burlian KM 6, Selasa (13/11). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Palembang langsung menurunkan mobil 'reaksi cepat' menyedot genangan banjir. 

Pantauan Antara News Sumsel mobil tersebut menyedot genangan banjir titik terparah di Jalan Kol. H. Burlian KM 6 ruas arah Simpang Bandara menuju Simpang Polda mulai pukul 09.00 WIB, dan diperkirakan butuh waktu 5 jam mengeringkan genangan banjir. 

"Kami menurunkan mobil 'reaksi cepat' (quick respon) dengan kekuatan sedot 8.000 liter air per tiga menit, memang genangan kali ini lebih tinggi dari biasanya, jadi kami turunkan mobil," kata Sekretaris DPK-PB Kota Palembang Alhidir kepada Antara News Sumsel saat di lokasi penyedotan, Selasa. 

Menurutnya mobil reaksi cepat hanya bisa bekerja jika genangan sudah mencapai 50 centimeter dari muka jalan, jika di bawah 50 centimeter mobil tidak bisa bekerja, titik jalan Kol. H. Burlian sendiri diakui langganan tergenang banjir cukup tinggi. 

Dia menerangkan, genangan air disebabkan kondisi jalan di seberang Kol. H. Burlian agak miring, sisi kanan jalan terdapat lebak, posisinya lebih tinggi dari sisi kiri (TWA Punti Kayu), sehingga air yang tertampung di lebak meluber ke badan jalan. 

Sehingga pihaknya menyedut genangan air di sisi kanan, lalu dialirkan melalui selang menyeberangi JPO dan dibuang ke saluran air  ke arah TWA Punti Kayu. 

"Kami menurunkan 20 personil, nanti setelah disini kering, rencananya kami lanjut ke titik Terminal Damri, kira-kira 2-3 jam lagi," ujar Alhidir. 
Mobil 'reaksi cepat' Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPK-PB) Kota Palembang sedang menyedot genangan banjir di Jalan Kol. H. Burlian KM 6, Selasa (13/11). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Penyedotan genangan banjir tersebut operasi pertama PBK-PB tahun ini, sejak intensitas hujan mulai meningkat, pihaknya sudah menyiapkan diri melancarkan penanganan cepat banjir di beberapa titik rawan seperti Jalan Kol. H. burlian, Jalan Veteran, Jalan Sudirman dan Kawasan Rajawali. 

"Kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPBD dan SAR bersama-sama menanggulangi banjir, titik-titik rawannya sudah dipetakan," tambah Alhidir. 

Selain operasi sedot banjir oleh PBK-PB, nampak juga aparat kepolisian bersiaga di titik-titik genangan banjir untuk menolong kendaraan warga yang mogok atau mati mendadak ketika melintasi banjir. 

Hingga berita ini di turunkan, beberapa wilayah masih di Kota Palembang Seberang Ilir masih digenangi banjir setinggi lutut orang dewasa, banjir disebabkan hujan deras semalaman dan tersendatnya saluran irigasi.