BPR Berkat Sejati utamakan UMKM Sumsel

id BPR,Berkat Sejati,UMKM,Sumsel

PT. Bank Perkreditan Rakyat Berkat Sejati mulai beroperasi di Palembang, Senin (29/10). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

....Untuk pembukaan rekening Tabungan Sejati calon nasabah harus melakukan setoran awal sebesar Rp100 ribu,  Tabungan Best dengan setoran awal Rp10 juta serta untuk Tabungan Simpel dengan setoran awal Rp5 ribu....

Palembang (ANTARA News Sumsel) – Dalam 50 tahun berdirinya Thamrin Group di tengah masyarakat Indonesia, senantiasa memberikan kontribusi terbaik salah satunya di bidang perekonomian nasional di dunia perbankan dengan peresmian PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Berkat Sejati di Palembang.

“Ini merupakan salah satu indikator ekonomi Palembang yang semakin baik, dengan tumbuhnya usaha perbankan dan keuangan,” kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Senin (29/10).

Ia mengatakan dengan adanya BPR Berkat Sejati ini dapat menumbuhkan lapangan kerja baru bagi pemuda pemudi Sumsel.

“Saya minta ke manajemen untuk memperhatikan ini dan mengutamakan Sumber Daya Manusia lokal,” ujarnya.
 

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru (tengah) dan Walikota Palembang, Harnojoyo (kanan) di Grand Opening PT. Bank Perkreditan Rakyat Berkat Sejati di Palembang, Senin (29/10). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)


Gubernur turut meminta untuk BPR Berkat Sejati melayani Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumsel dengan baik.

“BPR Berkat Sejati akan melakukan penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat Palembang melalui berbagai produk perbankan, ”kata  Direktur BPR Berkat Sejati, Fangsyrida Tanmas.

Ia mengatakan beragam produk perbankan meliputi dari tabungan anak, tabungan berjangka hingga deposito dan pinjaman dana.

Peresmian dilakukan di Kantor pusat PT Bank Perkreditan Rakyat Berkat Sejati yang berlokasi di Jalan Kapten A Rivai Nomor 9 Palembang.

“Penghimpunan dana nasabah akan dilakukan lewat produk Tabungan Sejati, Tabungan Best, Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar),Tabungan Berjangka dan deposito berjangka dengan minimal simpanan Rp5 juta,” ujarnya.

Calon nasabah perseorangan yang ingin membuka Tabungan Sejati atau Best harus melengkapi persyaratan yang ditetapkan yakni dengan mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening, fotokopi KTP, dan NPWP.

“Sedangkan untuk badan usaha, tak hanya mengisi formulir pembukaan rekening, namun juga harus  melampirkan akta pendirian perusahaan serta Surat Keterangan (SK) MenKumHam, TDP, SIUP, dan SITU,” jelasnya.

Bagi calon nasabah dari kalangan badan usaha diwajibkan pula melampirkan KTP elektronik pengurus dan mengisi kartu contoh tanda tangan dan stempel.

"Untuk pembukaan rekening Tabungan Sejati calon nasabah harus melakukan setoran awal sebesar Rp100 ribu,  Tabungan Best dengan setoran awal Rp10 juta serta untuk Tabungan Simpel dengan setoran awal Rp5 ribu,"  ujar Fangsyrida.

Fangsyrida mengatakan selama persediaan masih ada, masyarakat yang membuka rekening tabungan akan mendapatkan produk suvenir menarik.

“Khusus untuk nasabah prioritas, kami juga akan memberikan fasilitas istimewa seperti penyediaan ruang rapat, antar jemput dengan mobil Mercedes Benz, camilan dan minuman gratis dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Sebagai cabang pertama di Palembang, BPR Berkat Sejati turut menghadirkan produk Deposito dengan waktu penempatannya selama 1, 3, 6 atau 12 bulan.

“Deposito bisa berupa deposito perorangan ataupun institusi dan badan hukum dengan suku bunga hingga 7,5 persen," ujar Fangsyrida.

Sementara itu, dari sisi penyaluran dana bank BPR menyediakan fasilitas kredit konsumsi berupa KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KPM (Kredit Pemilikan Mobil), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor),  Kredit Pegawai Tetap, dan Kredit Kerja Modal Multiguna (KMK) serta Kredit Investasi.

Pengajuan pinjaman harus melampirkan KTP pemohon, KTP suami-istri, kartu keluarga, surat nikah, NPWP, memberikan agunan, dan lain-lain sesuai jenis kredit yang diajukan.

"Ada juga kredit usaha tanpa agunan untuk pelaku UMKM untuk pinjaman dibawah Rp10 juta," jelasnya.

Ia berharap dengan kehadiran BPR Berkat Sejati mampu mendorong perekonomian di Sumsel, khususnya Palembang. 

"Kehadiran kami diharapkan dapat membantu mengembangkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat dan pengusaha di Palembang," tambahnya.

Fangsyrida meyakini BPR Berkat Sejati akan bisa mendapatkan pangsa pasar yang luas dan dapat bertahan di tengah serbuan bisnis pinjaman dalam jaringan atau yang lebih dikenal dengan Financial Technology (Fintech).

“Target kami untuk pembiayaan dapat mencapai sekitar Rp5 miliar hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Diakuinya sebagai pemain baru pihaknya akan melakukan pertimbangan dan mengutamakan prinsip kehati-hatian serta tidak akan latah masuk ke sektor tersebut hanya karena mengejar target semata.

"Tingkat kesehatan keuangan harus bagus dahulu dan ke depannya kami targetkan juga akan masuk ke sektor Fintech." tutupnya.

Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar