Sumsel promosikan asrama haji tempat wisata religi

id asrama haji,Asrama haji Palembang,wisata religi ,berita sumsel,berita palembang,Ahkmad Najib,Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel,replika Ka'ba

Sumsel promosikan asrama haji tempat wisata religi

Replika Kabah di Asrama haji Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mempromosikan Asrama haji Palembang menjadi tempat wisata religi karena areal tersebut dilengkapi berbagai fasilitas yang bernuansa Islami.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Ahkmad Najib di Palembang, Rabu, mengatakan, memang di asrama haji Palembang telah dibangun replika Ka'bah, lintasan sa'i dan tempat lempar jumrah.

Selain itu ada juga Mock Up pesawat yang dapat digunakan untuk manasik haji bagi masyarakat yang akan menunaikan rukun Islam kelima termasuk umrah, kata dia.

Jadi fasilitas tersebut bukan saja dapat dijadikan untuk manasik haji tetapi juga sebagai tempat wisata rohani bagi masyarakat, ujar dia.

Bahkan, lanjut dia, di Embarkasi Palembang itu akan dilengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti hotel untuk mendukung sebagai tempat wisata religi.

Bukan itu saja tetapi asrama haji Palembang sebagai embarkasi terbaik sehingga menjadi percontohan bagi daerah lain, ujar dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, memang pihaknya terus mengutamakan wisata halal atau religi.

Bahkan pihaknya bersama instansi terkait telah meluncurkan wisata halal atau religi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah ini, kata dia.

Asrama haji Palembang antara lain menjadi destinasi wisata religi karena embarkasi itu telah dilengkapi fasilitas seperti lintasan sa'i dan replika kabah ukuran sama seperti di Mekkah Arab Saudi.

Sehubungan itu wisata religi terus dikembangkan karena daerah ini banyak memiliki tempat berwisata termasuk kuliner, tambah dia.