Jumlah e-warung belum ideal di Palembang

id e-warung,KPM,bantuan pangan non tunai,BPNT,keluarga penerima manfaat,dinsos palembang,dinas sosial,palembang,pemkot palembang,viral

ilustrasi (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Sosial mencatat 99 e-warung yang ada di kota Palembang sebagai tempat penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT), faktanya jumlah ini belum dikategorikan ideal. 

"Kami terus menambah jumlah e-warung, data terakhir sekitar 99 e warung. Tapi ini belum ideal untuk mencakup 107 kelurahan, idealnya setiap kelurahan ada satu e-warung," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Palembang, Heri Aprian, Jumat. 

Saat ini sebanyak 79.396 keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan BPNT dengan saldo Rp110 ribu tiap bulan. KPM bisa belanja beras dan telur yang tersedia di e-warung dengan kualitas premium dan harga eceran tertinggi.  

Diakui Heri, dari jumlah KPM, tidak semua KPM menerima lantaran ada kendala. Misalnya saldo kosong, nama tidak sesuai dengan NIK. Untuk saldo kosong, pihak bank yang lebih mengetahui. 

Menurutnya ada alasan karena dana dari pusat belum tersalurkan, sedangkan untuk permasalahan data bisa melaporkan ke dinsos dari data yang ada  akan diajukan ke kementerian sosial. 

Untuk evaluasi BPNT tahun ini Heri mengaku melalui pendamping, apakah penyaluran tepat atau tidak. Misalnya ada warga yang pindah, meninggal yang harus ada ahli warisnya. "Jadi kami validasi dan verifikasi data setiap enam bulan sekali melibatkan kelurahan," jelasnya.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar