Kunjungan ke gerai souvenir capai seribu orang perhari

id Superstore,Suvenir,Asian games

Kunjungan ke gerai souvenir capai seribu orang perhari

Antrean panjang pembeli di kasir Superstore Asian Games Jakabaring, Jumat (31/8). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jumlah pengunjung gerai souvenir Superstore Asian Games di Jakabaring Palembang mencapai seribu orang perhari.

"Kalau perhari dari pantauan kami bisa 1.000-1.500 orang baik pengunjung lokal, luar negeri, atlet maupun official, tapi untuk weekend Jumat - minggu ada kenaikan sampai tiga kali lipat," kata Supervisor Marchendise Supertore Jaka Oktariza, Jumat.

Menurutnya jumlah kunjungan yang cukup tinggi tersebut berdampak langsung dengan meningkatnya penjualan ragam suvenir seperti boneka, gantungan kunci, baju, topi, hingga tas.

Boneka maskot Asian Games sendiri menjadi yang terlaris, paling tidak ungkap Jaka, boneka maskot tersebut telah terjual 3.000 pcs, mulai dari boneka jenis gantungan kunci seharga Rp35.900 hingga jenis ukuran besar seharga Rp200.000, dan stoknya sudah tidak ada lagi.

Produk paling laku selanjutnya baju polo yang jelang hari terakhir telah terjual 1.000 pcs lebih, dengan harga Rp179.000, sedangkan jaket seharga Rp1,9 juta juga cukup banyak peminatnya dan tinggal menyisakan beberapa item lagi.

"Penjualan memang melebihi ekspektasi, boneka yang terjual saja 4.000 pcs, padahal peminatnya bisa sampai 10.000 orang, ada banyak pembeli kecewa karena gagal membawa pulang boneka Atung, Bhin-bhin dan Kaka itu,tapi mau bagaimana lagi" Ujar Jaka.

Kekecewaan itu pula yang tergambar di wajah Rusma saat kehabisan boneka maskot Asian games, pengunjung asal Jambi tersebut mengaku baru berada di Palembang dua hari terakhir dan berniat membeli boneka untuk jadi oleh-oleh.

"Tadi waktu baru masuk sudah tidak ada lagi bonekanya, waktu tanya sama pelayan ternyata sudah habis dan kemungkinan tidak menambah stok lagi karena mendekati hari penutupan, ya kecewa sih pasti, cuma dari pada bawa tangan kosong mending beli baju saja," ujar Rusma.

Pantauan Antara News Sumsel beberapa suvenir seperti baju polo, topi, gantungan kunci, dan kaos stoknya mulai menipis, sementara semua jenis pembayaran di Superstore Asian games menggunakan non tunai dan tidak melayani cash.

Rencananya suvenir Superstore Asian Games akan terus beroperasi sampai 2 September mulai pukul 09.00-22.00 WIB, barang-barang yang habis tidak di stok kembali dan sisa item segera direktur ke Jakarta.