Kapolda Sumsel ajak Pempred ciptakan citra positif

id kapolda,kapolda sumsel,pempred,citra positif,asian games

Kapolda Sumsel ajak Pempred ciptakan citra positif

Dokumen - Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengajak pemimpin redaksi melalui berita di medianya menciptakan citra positif selama berlangsungnya Asian Games di Palembang, 18 Agustus - 2 September 2018.

"Pemimpin redaksi media cetak maupun elektronik di daerah ini diharapkan mengarahkan wartawan membuat berita yang bisa mengangkat nama baik bangsa dan negara bukan sebaliknya yang bisa membuat atlet dan tamu dari negara peserta Asian Games takut dan tidak nyaman," kata  Irjen Pol Zulkarnain pada acara silaturahmi dengan pemimpin redaksi serta wartawan media cetak dan elektronik di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sejak 10 Agustus hingga kini sudah ada 1.082 atlet, ofisial, dan delegasi dari negara peserta pesta olahraga terbesar ke dua di dunia itu  datang ke Kota Palembang.

Para tamu negara tersebut yang jumlahnya akan terus bertambah hingga 5.000 orang jangan sampai disuguhi pemberitaan yang kurang baik mengenai Kota Palembang dan sejumlah daerah Sumsel lainnya yang dapat memberikan kesan buruk.

Peran media massa cetak dan elektronik sangat besar untuk membuat citra positif daerah ini dan Indonesia secara umum, melalui pemberitaan yang menyejukkan dapat membuat atlet, ofisial dan tamu yang berkunjung ke daerah ini merasa nyaman dan membawa cerita positif ketika pulang ke negaranya, katanya.

Sementara untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif, dia menjelaskan pihaknya menyiagakan 7.547 personel gabungan dari unsur Polri dan TNI.

Khusus unsur Polri, untuk memberikan pengamanan secara maksimal diturunkan 5.640 anggota Polda Sumsel, 407 anggota BKO dari Mabes Polri, Tim Satwa 20 personel untuk membantu operasi pengamanan darat dan dua unit helikopter mendukung patroli pengamanan melalui udara.

"Kami berupaya melakukan pengamanan dengan kekuatan penuh yang dibagi dalam tujuh satuan tugas di antaranya Satgas Pengamanan Arena Pertamndingan (Venue), Satgas Pengamanan Wilayah, Satgas Kesehatan, Satgas IT, Satgas Bantuan Operasional hingga Satgas Pengamanan Parkir," ujar Kapolda.