BUMN Hadir - Meriam kaliber 57 pukau peserta SMN Jatim

id SMN,Bumn hadir,Arhanud

BUMN Hadir - Meriam kaliber 57 pukau peserta SMN Jatim

Peserta Siswa Mengenal Nusantara Jawa Timur terpukau saat melihat meriam penembak pesawat kaliber 57 di gudang senjata Yon Arhanudse 12/SBP Baterai Tempur P- Pakjo Palembang, Selasa (14/8) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

....Senjata ini sudah lama berada di markas Arhanud, dibeli langsung dari Rusia...
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur terpukau saat melihat meriam penembak pesawat kaliber 57 di gudang senjata Yon Arhanudse 12/SBP Baterai Tempur P-Pakjo Palembang, Selasa. 

"Baru pertama kali lihat senjata ini, biasa lihat di TV,  ternyata gagah meriamnya, merasa beruntung banget bisa lihat," kata salah satu peserta Alfi Ramadhaniar. 

Peserta juga langsung beramai-ramai mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto di depan maupun menaiki 8 meriam kaliber 40-57 maupun 60 dengan prajurit Arhanudse. 

Menurut Kepala Gudang Arhanudse 12/BSP sekaligus pelatih bela negara peserta SMN 2018 Sersan Siswanto tidak banyak wilayah Indonesia yang memiliki meriam dengan fungsi menembaki pesawat tersebut. 

"Senjata ini sudah lama berada di markas Arhanud, dibeli langsung dari Rusia, memang fungsi pokoknya menembak tidak pernah kami lakukan, tapi tiap tahun tetap kami operasikan untuk latihan," ujarnya. 

Dengan melihat meriam-meriam tersebut pihaknya berharap peserta semakin bangga terhadap alutsista yang dimiliki TNI dan menumbuhkan rasa bela negara dengan semangat cinta tanah air. 

Setelah mengunjungi gudang senjata Arhanud, peserta dilatih baris berbaris oleh prajurit TNI, selama latihan peserta SMN terlihat antusias dan bersemangat meskipun cuaca cukup panas.

Sebanyak 41 orang peserta SMN dari Jawa Timur ini difasilitasi PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara SMB II Palembang dan Indofarma untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018.