Permainan teka teki silang cegah penyakit dimensia

id teka teki silang,tts,pikun,dimensia

Permainan teka teki silang cegah penyakit dimensia

Teka Teki Silang (ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Salah satu penyakit degenerativ yang kerap dialami usia lanjut yakni dimensia atau pikun, salah satu pencegahannya adalah dengan rutin mengisi teka teki silang.

"Penyakit dimensia tetap bisa dicegah dengan terus melatih fikiran melalui beragam aktivitas. Salah satunya dengan mengisi teka-teki silang (TTS) yang dinilai bisa jadi terapi untuk pencegahan kepikunan," ujar dr Andreas Gunawan Widjaja dari RS Siloam Sriwijaya, Selasa.

Selain selalu melatih untuk daya ingat, pencegahan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi cukup, serta menjaga kesehatan melalui aktivitas olahraga.Tak terkecuali melakukan pemeriksaan kesehatan rutin guna memastikannya.

Andreas mengatakan, dimensia terjadi karena ada gangguan pada fungsi pengingatnya ataupun diakibatkan faktor vaskuler misalnya pengaruh penyakit lain yakni diabetes, hipertensi ataupun kegemukan.

Walaupun banyak obat-obatan yang dinilai bisa mengobati dimensia, pengaruh obat hanya sementara, pasalnya, pengobatan yang dinilai cocok hanya melalui terapi guna meningkatkan daya ingatnya.

Disini peran keluarga untuk terus memberi dukungan kepada anggota keluarga yang mengalami dimensia.

"Jangan sampai punya keluarga pikun malah ditinggalkan, bantulah melakukan aktivitas sehingga bisa melatih fungsi orang pengingatnya secara bertahap. Sebab jika dibiarkan komplikasi dimenasia bisa sangat berbahaya," jelasnya.