Imunisasi Measles dan Rubella Agustus-September

id dinas kesehatan,dinkes,imunisasi,measles,rubella

Imunisasi Measles dan Rubella Agustus-September

Workshop dan sosialisasi imunisasi measles dan rubella di Palembang, Kamis (5/7/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Palembang mengkampanyekan imunisasi measles dan rubella sebagai bentuk pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. 

"Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus," ujar seorang narasumber workshop dan sosialisasi imunisasi MR dr Tubagus Rachmat Sentika Hasan SpA di Palembang, Kamis.

Dia menerangkan, pemberian imunisasi ini bagi anak dari usia 9 bulan sampai 15 tahun yang akan dilakukan 1 Agustus hingga 30 september 2018. Namun, pemberian imunisasi ini bisa ditunda bagi anak yang sedang mengalami demam, batuk pilek dan diare. 

"Sakit ringan seperti ini tidak menjadi halangan untuk pemberian imunisasi, hanya saja ditunda sampai anak tersebut sembuh. Petugas kesehatan bisa menyarankan ibu si anak untuk datang lagi karena waktu pemberian imunisasi agak lama," katanya. 

Tapi pemberian imunisasi tidak dapat diberikan kepada wanita hamil, anak yang sedang dalam pengobatan seperti penyakit jantung, ginjal, kanker dan TBC.