PVMBG: status Gunung Agung masih siaga

id gunung agung,erupsi,pvmbg,bencana alam,bali

PVMBG: status Gunung Agung masih siaga

Arsip-Wisatawan memotret Gunung Agung meletus di Pura Besakih, Karangasem, Bali. (ANTARA /Nyoman Budhianaaw)

Amlapura, Bali (ANTARA News Sumsel) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Agung hingga saat ini masih berada pada level III (siaga), karena ancaman bahaya masih dalam zona perkiraan bahaya dalam radius 4 kilometer dari puncak gunung.

"Kalau dilihat erupsi strombolian pada 2 Juli lalu, lontaran lava pijar masih kisaran dua kilometer," kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana, di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem, Rabu.

Erupsi strombolian, ucap dia, merupakan erupsi dengan mengeluarkan lava pijar dan abu vulkanik.

Meski aktivitas gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu masih tergolong tinggi, namun ancaman bahaya masih belum melampaui 4 kilometer, sehingga pihaknya belum mempertimbangkan adanya peningkatan status gunung.

Namun, Devy mengimbau kepada masyarakat yang berada di luar zona perkiraan bahaya untuk tetap tenang dan tidak panik serta tetap mengikuti sumber informasi yang jelas.

Ia menjelaskan kondisi Gunung Agung saat ini masih belum stabil dan masih rawan diikuti erupsi lanjutan.

Jika dilihat dari tren seismik, Devy menambahkan juga belum ada perubahan yang signifikan meski masih diwarnai gempa vulkanik.

Gunung Agung, lanjut dia, malah mengalami deflasi karena sudah melepas beberapa kali energi yang menyebabkan tubuh gunung cenderung "mengempis".

"Tetapi meski begitu bukan berarti sudah selesai, dia (Gunung Agung) masih masih dalam kondisi berkembang," katanya.

Artinya, lanjut dia, kalau ada pasokan magma baru ke permukaan, maka Gunung Agung bisa mengalami deflasi dan kemudian bisa kembali terjadi erupsi.