Nilai tukar petani Sumsel Juni turun

id petani,bps sumsel,berita sumsel,berita palembang,Nilai tukar petani,Yos Rusdiansyah,Kepala Badan Pusat Statistik

Nilai tukar petani Sumsel Juni turun

Arsip- Seorang petani merawat tanaman padi. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Nilai tukar petani Provinsi Sumatera Selatan pada Juni 2018 tercatat sebesar 93,65 atau turun sebesar 0,65 persen bila dibandingkan dengan NTP bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, Yos Rusdiansyah di Palembang, Senin mengatakan, NTP merupakan perbandingan indeks harga komoditas pertanian yang diproduksi oleh petani (lt) terhadap indeks harga barang/jasa yang dibayar petani untuk keperluan konsumsi rumah tangga dan biaya produksi (lb) merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di daerah perdesaan.

Menurut dia, NTP juga menunjukkan daya tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

Semakin tinggi nilai tukar petani secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan/daya beli petani, katanya.

Ia menyatakan, berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan di 83 kecamatan yang tersebar di 12 kabupaten di Sumatera Selatan pada Juni 2018, NTP Sumsel turun 0,65 persen dibandingkan NTP Mei 2018 yaitu dari 94,27 menjadi 93,65.

Ia menjelaskan, penurunan NTP pada Juni 2018 disebabkan indeks harga hasil produksi pertanian yang mengalami penurunan sebesar 0,13 persen, sedangkan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun untuk keperluan produk pertanian mengalami kenaikan sebesar 0,53 persen.

Penurunan NTP Juni 2018 dipengaruhi oleh turunnya NTP pada subsektor tanaman pangan sebesar 0,37 persen, hortikultura 1,23 persen dan perkebunan rakyat sebesar 1,51 persen.

Sedangkan kenaikan NTP terjadi pada subsektor peternakan sebesar 1,41 persen, perikanan secara umum 1,62 persen, perikanan tangkap 1,24 persen dan perikanan budidaya 1,99 persen, ujarnya.

Sementara untuk nilai tukar usaha rumah tangga pertanian (NTUP) Sumsel Juni 2018 sebesar 102,19 atau turun sebesar 0,32 persen dibanding NTUP bulan sebelumnya, katanya.