Gelang Jamaah calon haji dikerjakan industri kecil

id Gelang Jamaah haji, berita sumsel, berita palembang, Kanwil Kementerian Agama, Saefudin Latief, berita antara, pembuatan gelang jamaah haji, ukm, umkm

Gelang Jamaah calon haji dikerjakan industri kecil

Arsip- Petugas haji memasangkan gelang barcode di tangan salah satu calon jemaah haji. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Walaupun dikerjakan oleh pengusaha menengah tetapi kualitasnya cukup baik
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pembuatan gelang bagi jamaah colon haji dibuat oleh industri kecil di Jawa Tengah, kata Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan bahwa sejumlah pejabat dari Kementerian Agama telah meninjau pembuatan gelang untuk calon jamaah haji yang dibuat oleh industri rumahan di Jawa T melihat proses pembuatannyta.

"Walaupun dikerjakan oleh pengusaha menengah tetapi kualitasnya cukup baik, ini berarti industri rumahan di Jepara mampu menghasilkan gelang haji yang kualitasnya cukup tinggi," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan melibatkan industrik kecil dan menengah adalah untuk menghidupkan kelompok usaha rumahan yang mengikut sertakan banyak keluarga.

Gelang berbahan logam tersebut untuk proses pemotongan lembaran baja menjadi batangan gelang dilakukan di salah satu pabrik pengolahan logam di Kudus sedangkan proses akhirnya dilakukan di Jepara.

Gelang-gelang i tersebut nantinya akan dibagikan kepada setiap calon haji termasuk mereka yang akan berangkat dari Embarkasi Palembang.

Untuk Embarkasi Palembang calon haji tahun ini terdiri atas 19 kelompok terbang meliputi pula jamaah yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung dan setiap kloter rata rata berjumlah 450 orang.