Membuat "Putri kandis" kue cantik khas jambi

id Putri kandis,kue khas jambi,berita sumsel,berita palembang,pembuat kue jambi,berita antara

Putri kandis. (katalogkuliner)

Jambi (ANTARA News Sumsel) - Kuliner khas Jambi, lapis legit bernama "putri kandis" merupakan salah satu kue basah yang tampilnyanya cantik dengan rasa lezat manis karena banyak menggunakan telur dan gula.

Salah seorang warga Seberang Kota Jambi, Rika kepada Antara, Minggu, mengatakan kue "putri kandis" memiliki tampilan dan corak warna yang memikat orang untuk mencicipinya. Kue tersebut merupakan salah satu kue terlezat diantara kue basah khas Jambi lainnya.

Rika mengatakan kombinasi warna kue "puti kandis" umumnya berwarna hijau, coklat dan kuning dengan bentuk berlapis-lapis. Namun asal-usul pemberian kue "putri kandis" itu belum ditemukan sumber yang jelas.

Rika menjelaskan, bahan yang digunakan untuk membuat kue basah tersebut sangatlah mudah, hanya saja saat proses pembuatan harus teliti sehingga banyak memakan waktu. "Bahan-bahan yang digunakan kata Rika untuk ukuran satu loyang yakni telur satu piring, satu kaleng susu putih, gula satu kilo, mentega satu kampil, sedikit tepung atau satu sendok teh dan satu kelapa yang dikemudian dijadikan santan serta vanili dua bungkus, " katanya.

Dalam proses pembuatannya telur sebanyak 30 butir atau sepiring itu dipecah dan dicampur gula dijadikan satu lalu diaduk (bukan dikocok) sampai gula halus. Kemudian mentega dicairkan setelah dingin dimasukan dalam adonan telur dan gula tadi.

"Bahan yang sudah dicampur tadi dipisah menjadi dua tempat adonan, dalam satu adonan masukan santan, vanili dua bungkus, susu putih satu kaleng dan tepung sesendok teh. Kemudian dipanggang lapis demi lapis hingga adonan habis," katanya menjelaskan.

Untuk kombinasi warna ditambahkan daun pandan yang diblender pakai air dicampur daun kelapa yang sudah diparut lalu diperas dan untuk menambahkan warna coklat tambahkan coklat bubuk.

Saat memanggang, kata Rika tidak bisa dipanggang sekaligus atau perlu lapisan demi lapisan hingga adonan habis. Proses memanggang perlu waktu kurang lebih 2-3 jam.

Kue "putri kandis" biasanya disajikan saat perayaan momen lebaran khususnya di Seberang Kota Jambi. Dimana keluarga yang berkunjung disajikan kue khas-khas Jambi salah satunya kue "putri kandis" tersebut.

Selain kue "putri kandis", kue yang hampir mirip proses pembuatannya yakni kue maksuba, hanya saja dalam pembuatannya tidak menggunakan santan.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar