LRT antisipasi Palembang macet total tahun 2020

id Alex noerdin,Lrt,Macet,Trasportasi palembang

LRT antisipasi Palembang macet total tahun 2020

Arsip-Sejumlah kendaraan terjebak macet di Jalan Mayjen HM Ryacudu Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (5/6). Untuk mengurai kemacetan serta mengurangi beban jembatan Ampera yang semakin berat, Pemprov Sumsel membangun jembatan penyeberangan alternatif Musi IV, Musi VI, serta kereta ringan/Light Rail Transit (LRT) dan ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2018. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan tahun 2020 lalu lintas jalan di Kota Palembang berpotensi macet total atau 'great lock'.

"Berdasarkan studi Kota Palembang  tahun 2020 lalu lintasnya berpotensi terkunci  alias macet total, mobil baru keluar garasi sudah tidak bisa bergerak lagi, saking macetnya, kalau pemerintah tidak siap dari sekarang hal itu bisa jadi kenyataan," ujar Alex di Palembang, Sabtu (24/6/18).

Menurutnya gambaran 'great lock' itulah yang membuat pemda mengambil langkah cepat, salah satunya pengembangan mode transportasi massal seperti  Kereta Layang Ringan (LRT), menambah kuantitas moda transportasi massal yang sudah ada misalnya transmusi. 

Dia menjelaskan pengadaan LRT sudah melalui studi dan perencanaan yang matang di semua aspek, sehingga tidak perlu lagi ada kekhawatiran apalagi kecurigaan jika  LRT hanya proyek mercusuar atau ajang eksistensi kemewahan belaka.

"Jadi kalau ada yang mengatakan LRT proyek mercusuar, itu sangat  keliru dan salah, ini proyek antisipasi 2020 yang manfaatnya untuk masyarakat, lagipula pembiayaan membangunnya murah, pembebasan lahan juga tidak rumit, teknologinya paling tercanggih dan sudah sesuai dengan jumlah penduduk Kota Palembang yakni 1,2 Juta jiwa," ujar Alex. 

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan sistem integrasi seluruh moda transportasi mengingat Kota Palembang memiliki moda angkutan massal terlengkap di Indonesia baik air, jalan darat, maupun udara.

Pengkombinasian semua moda transportasi massal termasuk angkutan daring menjadi penyokong untuk mendorong masyarakat menggunakan LRT dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. 

Ia menuturkan saat ini LRT belum sepenuhnya rampung, masih ada beberapa penyelesaian jalur yang terus dikebut sampai semua ruas tersatu melayani semua rute sepanjang 23,4 kilometer. 

"Sekarang ini baru satu ruas untuk rute Bandara SMB II-Jakabaring dari total tiga ruas, kontraktor terus kebut pengerjaannya, tetapi tanggal 15 Juli 2018 nanti saat diresmikan Presiden Jokowi maka masyarakat sudah bisa menikmatinya," lanjut Alex.

Ia menambahkan pengangkutan atlet menggunakan LRT dari Bandara SMB II ke venue di Jakabaring saat Asian games nanti tetap menjadi prioritas utama, namun masyarakat tetap bisa naik, tinggal melihat ketersediaan kapasitasnya saja, hal ini  terkait banyak pendapat yang mengatakan jika LRT ditutup untuk umum saat penyelenggaraan Asian Games.