Presiden pastikan KUR BRI tanpa jaminan

id jokowi,presiden,pinjaman tanpa jaminan,kur bri,pinjaman umkm,berita sumsel,berita palembang

Presiden pastikan KUR BRI tanpa jaminan

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Surabaya (ANTARA News Sumsel) - Presiden Joko Widodo memastikan kredit usaha rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp25 juta dengan bunga rendah 7 persen bagi pelaku usaha mikro bisa didapat tanpa dimintai jaminan apapun.

"Itu cuma bisa didapat di BRI lho ya, bukan bank lainnya," katanya, saat peluncuran kebijakan penurunan pajak penghasilan (PPh) final bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) sebesar 0,5 persen di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Jokowi merasa perlu meluruskan ketentuan KUR tanpa perlu dimintai jaminan di BRI karena banyak pelaku UMKM yang diundang dalam kesempatan itu mengaku masih dimintai syarat jaminan.

Sebelumnya, KUR tanpa jaminan bagi pelaku usaha mikro dilontarkan oleh Direktur Utama (Dirut) BRI Suprajarto saat diminta Jokowi naik ke atas panggung untuk menjelaskan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan KUR.

Seketika mayoritas dari 2.000 undangan pelaku UMKM asal berbagai daerah se Jawa Timur langsung berteriak sambil mengangkat tangan dari masing-masing tempat duduknya, memberi isyarat bahwa yang disampaikan Dirut BRI Suprajarto dalam praktiknya tidak sesuai di lapangan.

Melihat kenyataan itu, Jokowi sempat berseloroh, "Itu tadi yang bilang Dirut BRI lho ya, bukan saya".

Dirut BRI pun berjanji jika nanti pelaku usaha mikro yang mendapatkan KUR senilai Rp25 juta tetap dimintai jaminan, kepala wilayah BRI yang bersangkutan akan dicopot.

Presiden Jokowi kemudian memberikan penjelasan bahwa KUR BRI senilai Rp25 juta bagi pelaku usaha mikro bisa didapat tanpa dimintai jaminan apapun tentunya dengan beberapa persyaratan.

Dia menyebut salah satu syaratnya yang paling mutlak adalah usaha mikro bagi pemohon KUR sudah berjalan.

"Pastilah BRI juga tidak mau rugi. Ada petugas BRI yang akan mengecek apakah usaha mikronya sudah berjalan apa tidak. Apakah uangnya nanti benar-benar mau disalurkan untuk pengembangan usahanya atau mau dibuat menutupi utang. Kalau mau dibuat bayar utang atau usaha mikronya baru akan memulai, pastinya tidak akan dipenuhi," ucapnya.

Maka kalau berbagai persyaratan tersebut sudah dipenuhi, Jokowi memastikan pelaku usaha mikro yang mengajukan KUR ke BRI akan dipenuhi tanpa dimintai jaminan apapun.