Bengkalis gelar lomba pawai 1.000 obor

id obor,berita sumsel,berita palembang,berita antara,pawai obor,berita terkini

Bengkalis gelar lomba pawai 1.000 obor

Arsip- Pawai obor. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly

Bengkalis (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau bekerja sama dengan organisasi pemuda di daerah itu menggelar Gerakan 1000 Obor Jilid II dalam rangka menyambut 1 Syawal 1439 Hijriyah.

"Kegiatan ini diperlombakan antar kelurahan dan desa yg ada di kecamatan Rupat. Kegiatan ini sudah kali kedua kami laksanakan," kata Ketua Pelaksana, M Rais, dalam keterangannya di Bengkalis, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada malam takbir, dan rute yang akan dilalui para peserta pawai di sekitar Kelurahan Batupanjang Rupat.

Gerakan 1000 obor jilid II akan meriah dari tahun sebelumnya, sebab semua panitia sudah melakukan persiapan jauh hari, kegiatan ini juga melibatkan Danramil, Polsek Rupat dan Satpol PP, kata Sekretaris Kelurahan Terkul yang juga sebagi Sekretaris KNPI kecamatan Rupat itu.

Rais berharap, setiap kelurahan mengutus perwakilannya dan setiap masjid bisa mengutus sekitar 200 jamaahnya untuk membawa obor.

Saat ini kelurahan yang memastikan ikut baru Batupanjang, Terkul dan Tanjung Kapal, dan kami minta kesediaan setiap kelurahan ikut menyertakan minimal dua mobil hias. Semoga semua kelurahan dan desa di Rupat bisa ikut berkontribusi, ujarnya.

Dia menjelaskan, saat kegiatan berlangsung, peserta pawai tidak perlu membawa obor, sebab obor sudah disiapkan penyelengara, dan peserta harus mengikuti peraturan yang telah dibuat.

"Kegiatan ini diperlombakan, peserta harus dan wajib berjalan kaki, apa bila kedapatan dalam barisan yang memakai motor atau kendaraan, maka barisan itu bisa dipastikan gagal dan didiskualifikasi," katanya.