Pensiunan di Jambi didata

id Pensiunan, pns, data, jumlah, sistem baru, sumsel, jambi

Pensiunan di Jambi didata

Dok. (ANTARA/Fanny Octavianus)

Jambi (ANTARA News Sumsel) - PT Taspen akan menggulirkan pendataan pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di Provinsi Jambi pada September 2018 untuk layanan sistem enrollment yakni digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun untuk memberikan kemudahan dan efektitas mengakses data melalui aplikasi mobile.

"Sistem ini dikembangkan dengan pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan pengembangan sistem new-e-Dapem dan enrollment, yang mana Jambi mendapat giliran pendataan ulang pensiunannya pada September 2018 ," kata Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Jambi Kuspriyani di Jambi, Sabtu.

Penerapan teknologi dengan menggunakan Taspen Smartcard itu secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentifikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik. Layanan itu kerja sama Taspen dengan PT Telkom dan PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma).

Kuspriyani menyebutkan, identifikasi digital memakai data otentifikasi yakni dengan sidik jari, perekam wajah dan perekam suara. Dengan teknologi itu dapat menjadi pembuktian penerima pensiun masih hidup dan data pensiunan dapat  diakses melalui aplikasi mobile.

"Nantinya pensiunan tinggal menggunakan android dan Taspen Smartcard, cukup memindai menggunakan salah satu apakah dengan  sidik jari, rekam wajah dan rekam suara," katanya.

Setelah para peserta Taspen mendaftarkan data otentifikasi ,  ke depannya para pensiunan bisa  mengakses data Taspen melalui aplikasi dari smartphone penerima pensiun sehingga dapat mempermudah proses pelayanan yang lebih cepat dan akurat.

"Taspen mendapat kemudahan melakukan monitoring dan reporting penyelenggara pembayaran pensiun, selain itu pensiunan juga bisa mendapatkan kemudahan dimanapun mencairkan uang pensiunannya," katanya.

Taspen Smartcard ke depannya  tidak hanya berfungsi sebagai Kartu identitas pensiun saja, melainkan juga sebagai Kartu ATM dan debit, dan program diskon pada merchants yang bekerja sama dengan Taspen maupun mitra bayar.