Donor darah saat ramadhan menambah pahala dan membuat tubuh segar

id Donor darah,PMI,palembang,Ramadhan

Donor darah saat ramadhan menambah pahala dan membuat tubuh segar

Jumlah pendonor darah sukarela selama ramadhan menurun. Meski demikian tetap saja ada pendonor rutin yang selalu mendonorkan darah di PMI Palembang meski bulan ramadhan (22/5) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jumlah pendonor darah sukarela selama ramadhan cenderung menurun hal ini disebabkan pendonor menganggap tubuh akan lemas dan membatalkan puasa.

"Banyak pendonor yang berpendapat donor darah pada saat puasa dapat membuat tubuh semakin lemas dan bahkan dapat membatalkan puasa," kata dokter unit donor darah kota Palembang,  dr Evi Lusiana, Selasa.

Padahal menurutnya pada faktanya donor darah yang dilakukan saat berpuasa tidak akan membatalkan puasa tapi justru dapat membuat badan lebih sehat dan bugar. 

Untuk pendonor rutin menurut evi tidak mengalami kendala karena sudah terbiasa mendonorkan darah bahkan saat ramadhan.
Petugas UDD PMI Kota Palembang menunjukkan stok darah dari pendonor (22/5/2018) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18/)
Evi mengatakan sebelum mendonorkan darah tetap perlu diperhatikan asupan gizi dan nutrisi makanan yang cukup.

"Asupan makanan yang di konsumsi dapat mempengaruhi energi ketika donor darah," jelasnya.

Cukupi istirahat karena tidur merupakan salah satu kebutuhan penting untuk proses pembentukan sel-sel darah.

"Di bulan puasa ini jadwal tidur akan lebih singkat karena harus bangun sahur dan ibadah malam," katanya. 

Selama bulan puasa pendonor yang datang sekitar 10-15 orang. Namun, pendonor akan lebih ramai ketika selesai berbuka puasa.

Seorang pendonor Vicri mengaku donor darah pada siang hari tidak mengalami kendala. Malah tubuhnya menjadi lebih sehat dan bugar.

"Saya rutin donor darah, jadi berpuasa bukan masalah untuk melakukan donor darah. Selain itu kegiatan donor darah dibulan ramadhan menjadi pahala karena bisa membantu orang yang membutuhkan," ungkap dia.