Dinkes Palembang tingkatkan perilaku hidup bersih

id dr Letizia, dinas kesehatan palembang,kebersihan kota,berita sumsel,berita palembang

Dinkes Palembang tingkatkan perilaku hidup bersih

Kepala Dinas Kesehatan Palembang Dr. Letizia, M.kes . (ANTARA News Sumsel/Amanda/Erwin Matondang)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga kota setempat.

Untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat itu, pada tahun ini pihaknya akan lebih gencar melakukan kegiatan edukasi yang mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat kota, kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang dr Letizia, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, ada 10 indikator PHBS di tatanan rumah tangga yang menjadi fokus perhatian yang akan terus disosialisasikan kepada warga kota yang tersebar di 18 kecamatan.

Indikator PHBS itu yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi air susu ibu (ASI) eksklusif, menimbang bayi dan balita secara teratur sesuai petunjuk medis, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, serta menggunakan air bersih.

Kemudian warga harus menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok, ujarnya.

Dia menjelaskan, PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia Sehat serta merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan.

Melalui upaya tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan warga Bumi Sriwijaya ini agar hidup bersih dan sehat, serta berperan aktif mewujudkan derajat kesehatan yang optimal, kata Kadinkes.