Kadinkes sebut program vaksin difteri sesuai rencana

id vaksi,difteri,berita palembang,berita sumsel,kejadian luar biasa,Kadinkes,dr Letizia,vaksinasi,vaksin difteri gratis

Kadinkes sebut program vaksin difteri sesuai rencana

Arsip - Penyuntikan vaksin (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Program pemberian ribuan vaksin difteri gratis untuk mengendalikan kejadian luar biasa penyakit tersebut di Kota Palembang, Sumatera Selatan berjalan sesuai rencana.

"Warga kota ini bisa menerima kehadiran petugas yang mendatangi rumah, sekolah atau tempat lainnya dan bersedia menerima vaksin difteri," kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Letizia di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, menghadapi kondisi kejadian luar biasa (KLB) difteri beberapa bulan terakhir, pihaknya berupaya memberikan vaksin difteri gratis kepada warga untuk meminimalkan jumlah penderita penyakit tersebut.

Pemberian vaksin tersebut tidak hanya difokuskan di kawasan permukiman penduduk, tetapi juga dilakukan di sekolah-sekolah, lembaga pemasyarakatan anak, pondok pesantren dan beberapa tempat lainnya.

Untuk memberikan vaksin tersebut, pihaknya melibatkan seluruh jajaran dan memaksimalkan fungsi puskesmas dan posyandu yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota itu, ujarnya.

Menurut dia, melalui upaya tersebut diharapkan ke depan dapat melindungi warga kota ini dari difteri dan dicegah timbulnya kasus kejadian luar biasa (KLB) penyakit difteri.

Menghadapi KLB difteri di kota ini, pihaknya berupaya melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk melindungi warga dari penyakit tersebut agar tidak semakin parah dan menimbulkan korban jiwa.

Kemudian meningkatkan kesiapan tenaga medis, memberikan pengobatan kepada warga yang dicurigai/suspect difteri, serta mengimbau warga agar mewaspadai penyakit tersebut dengan meningkatkan pola hidup sehat, ujar Kadinkes.
(T.Y009/Yuniardi)