Promosi pariwisata harus digencarkan jelang Asian Games

id wisata,objek wisata,Willy Gunawan,astindo,asosiasi travel indonesia,wisman, wisatawan

Promosi pariwisata harus digencarkan jelang Asian Games

Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/18.

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Asosasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan promosi pariwisata harus digencarkan menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Ketua Asosasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Provinsi Sumatera Selatan Willy Gunawan di Palembang, Jumat, mengatakan, saat perhelatan Asian Games di Palembang nanti bakal hadir atlet dan ofisial tim sekitar 15.000 orang sehingga menjadi sarana efektif untuk promosi.

Jika tidak digencarkan dari sekarang maka peluang Palembang untuk menaikkan kelasnya di bidang pariwisata menjadi sia-sia. Untuk saat ini sudah bagus, tapi harus ditingkatkan lagi," kata dia.

Menurutnya, Indonesia tidak ada salahnya jika mencontoh Malaysia dalam mengembangkan pariwisata karena harus diakui saat ini negara tetangga itu sudah jauh lebih unggul di bidang pemasaran dan promosi.

Malaysia sebagai negara yang relatif memiliki kesamaan seni budaya dan panorama alam dengan Indonesia bisa mengemas potensi yang dimiliki dengan baik karena menggunakan metode pemasaran yang unggul.

"Malaysia sudah mensegmenkan konsumennya. Untuk negara-negara Asia, mereka menawarkan wisata belanja dan cek kesehatan, sementara untuk negara Eropa menawarkan wisata alam. Berbeda dengan Indonesia yang masih bersifat umum, dan kurang memanfaatkan sinergi antarlembaga," kata dia.

Lantaran fokus ini, tak heran jika wisatawan nusantara juga tertarik untuk datang ke Malaysia, terutama saat digelar `mega sale` di awal tahun, kemudian di masa liburan sekolah, maupun di akhir tahun.

Malaysia menawarkan paket wisata belanja yang murah hingga ke beberapa kota.

"Apalagi saat ini, nilai rupiah sedang menguat. Kemungkinan besar akan banyak penduduk Indonesia yang akan datang ke Kualalumpur untuk memanfaatkan mega sale 50-70 persen ini," kata dia.

Kepala Dinas Pawisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan Kota Palembang menggencarkan promosi pariwisata sejak terpilih menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta.

Pemerintah Kota memanfaatkan jaringan perusahaan perjalanan wisata untuk mempromosikan pariwisata Kota Palembang.

"Sejak tahun lalu geliat pariwisata sudah terasa di Palembang, jumlah kunjungan wisatawan meningkat karena bakal ada event besar di sini. Apalagi saat ini sudah bermunculan destinasi baru," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar