Bulog Sumsel-Babel serap 2.500 ton beras

id beras bulog,pembelian beras bulog,berita sumsel,berita palembang,bulog sumsel

Bulog Sumsel-Babel  serap 2.500 ton beras

Persediaan beras di gudang Bulog. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung hingga saat ini sudah menyerap 2.500 ton beras untuk pengadaan tahun 2018.

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel dan Bangka Belitung Yusuf Salahuddin di Palembang, Kamis mengatakan penyerapan beras itu sudah dimulai sejak Januari 2018 dan terus berlangsung hingga musim panen agar ketersediaan besar Bulog terjamin.

"Untuk target pengadaan beras pada tahun 2018 dipatok 80 ribu ton dan mudah-mudahan bisa mencapai target tersebut," katanya.

Ia menyatakan, untuk pembelian beras tersebut dilakukan sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP) plus fleksibilitas 10 persen.

Ia juga menyampaikan, harga besar sekarang ini relatif stabil, beras kualitas medium dijual dengan mengacu pada harga eceran tertinggi (HET).

Sementara mengenai stok beras di gudang Bulog saat ini masih dalam kondisi cukup, bahkan bisa memenuhi kebutuhan sekitar empat bulan ke depan, katanya

Sejumlah daerah sentra produksi beras di Sumatera Selatan antara lain Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjelaskan, produksi padi pada tahun 2017 mencapai 5.078.249 ton atau 114,91 persen dari target 4.419.461 ton.

Kondisi tersebut sudah melampui target pada tahun 2018 yaitu 4.574.142 ton.