Jangan mudah tergiur umrah murah

id umrah,travel umrah,berita sumsel,berita palembang,kemenag,kementerian agama,Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah,ojk,jemaah umrah

Jangan mudah tergiur umrah murah

Arsip- Jamaah Haji mengikuti rangkaian manasik Haji di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi. (ANTARANews Sumsel/I016/Ang/18)

Batam (ANTARA News Sumsel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulaua Riau Marwin Jamal mengingatkan masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan agen wisata yang menawarkan biaya perjalanan umrah murah.

"Jangan sampai masyarakat tergiur dengan harga umrah yang murah," kata Marwin Jamal, di Batam, Minggu.

Ia meminta jajarannya untuk terus mengawasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) atau yang lebih dikenal dengan travel umrah.

Kemenag dan masyarakat harus meyakinkan lima pasti dalam penyelenggaraan ibadah umrah, yaitu pasti travelnya, pasti jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya, dan pasti visanya.

"Kelima pasti itu benar-benar harus dapat diterapkan oleh PPIU, sehingga tidak ada lagi jemaah umrah yang menjadi korban," kata dia.

Terakhir, Kementerian Agama mencabut izin empat PPIU karena tidak menyelenggarakan perjalanan sesuai dengan aturan.

Marwin meminta PPIU menjalankan semua aturan yang diterapkan, termasuk melaporkan kegiatannya ke Kementerian Agama.

"Aturannya jelas bahwa setiap PPIU agar melaporkan kepada Kanwil Kemenag untuk mendapatkan izin operasional. PPIU waib melaporkan pemberangkatan jemaah setiap bulan melalui kantor Kemenag kabupaten kota masing-masing," kata dia pula.
(T.Y011/B. Budiman)