Orang tua harus "Melek" Informasi

id informasi,teknologi, sosial media,berita sumsel,berita palembang,orang tua,anak-anak,pendidikan anak,informaasi teknologi,kemajuan jaman,lgbt,perkemba

Orang tua harus "Melek" Informasi

Dokumentasi- Sejumlah lansia mengikuti pelatihan penggunaan teknologi komputer dan internet sehat . (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Pematangsiantar, Sumut (ANTARA News Sumsel) - Para orang tua dan pendidik di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, diimbau untuk "melek" informasi tidak menutup diri dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

"Sekarang ini harus mengikuti perkembangan, harus melek informasi," ujar Anggota DPRD Pematangsiantar dari Partai PAN Nurlela Sikumbang di Siantar, Selasa.

Menurut Nurlela, dalam memberikan pengawasan kepada anak yang merupakan peran orang tua dalam tumbuh kembang anak, orang tua harus mampu mengimbangi informasi yang diperoleh anak dari dunia luar, terutama media sosial.

Ia mencontohkan semakin meluasnya perilaku seksual menyimpang seperti lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT), peredaran narkoba dan penyakit masyarakat lainnya.

Dengan mengetahui informasi yang berkembang, orang tua dan pendidik bisa melakukan upaya antisipasi supaya anak tidak tertular atau ditularkan.

Untuk tujuan itu, dia mendorong elemen masyarakat dan instansi pemerintah terkait melakukan upaya pencegahan atau penindakan sesuai peran dan fungsi, seperti menggelar sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Nurlela pun menyampaikan apreasi kepada pengurus Komisi Perempuan dan MUI Pematangsiantar yang menggelar seminar tentang drugs dan LGBT kepada pelajar SMA.

"Mari kita jaga generasi penerus ini dari pengaruh buruk perkembangan teknologi dan kemajuan zaman," katanya mengajak.
(T.KR-WRS/I. Arfa)