Babinsa damaikan tawuran antarpemuda

id kapenrem,kapenrem 044 gapo,babinsa,tawuran,perkelahian antar pemuda,perdamaian antarpemuda

Babinsa damaikan tawuran antarpemuda

Ilustrasi- Bentrokan. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Bintara Pembina Desa Mariana, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, mendamaikan tawuran antarpemuda dua dusun Desa Merah Mata di kecamatan tersebut.

Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Senin, mengatakan, perselisihan pemuda antardua dusun Merah Mata di Kecamatan Mariana, Banyuasin terjadi pada Minggu (18/3) malam.

Mendengar adanya kejadian tersebut, Babinsa setempat melakukan perdamaian sehingga kejadian tersebut tidak berlanjut.

Menurut dia, perkelahian tersebut bermula dari saling ejek antara remaja kedua dusun, yaitu dusun 1 dan dusun 2 Desa Merah Mata melalui media sosial (faceboock). Remaja dusun 1 yang dipimpin Soleh bin Kodir (15) beserta rekan-rekan lainnya sebanyak 29 orang.

Sementara dari dusun 2 belum terindikasi, namun perwakilan orang tua sudah dipanggil ke kantor desa untuk penyelesaian masalah ini.

Dari kejadian tersebut, Kepala Desa Merah Mata, Ruslan langsung memimpin mediasi yang dihadiri Babinsa Desa Merah Mata Serka Abdul Roni, Kepala Dusun kedua belah pihak beserta Ketua RT serta perwakilan orang tua remaja yang bertikai.

Babinsa dalam arahannya saat mediasi mengatakan, tidak sepatutnya remaja yang nota bene sebagai generasi muda bangsa melakukan tindakan yang tidak terpuji terhadap sesama bahkan terjadi dalam satu desa.

"Apabila ada remaja lain yang mengajak tawuran ke dusun sebelah, maka segera menghubungi kades atau Koramil maupun Polsek untuk dapat mencegah terjadinya tawuran," katanya sekaligus membagikan nomor telepon genggam.

Dalam tawuran tersebut terdapat beberapa korban dari kedua belah pihak yang terkena lemparan batu akibat saling serang antar remaja di wilayah tersebut. Pertikaian itu dipicu gara-gara hal sepele, yaitu saling ejek melalui medsos yang tidak jelas sumbernya.

"Alhamdulilah proses mediasi dapat berjalan lancar dan kedua belah pihak telah sepakat untuk berdamai dan tidak mengulangi perbuatannya lagi," kata dia.

Kepala Desa Merah Mata H Ruslan menyampaikan kepada Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mengawasi perkembangan situasi agar kejadian serupa tidak terulang lagi sehingga kehidupan masyarakat selalu damai.

Selain itu, pihaknya berterima kasih kepada Babinsa yang sudah membantu melerai perkelahian antarremaja tersebut.