PPP Sumsel optimistis penuhi kouta caleg perempuan

id Agus Sutikno,ppp,calon legislatif perempuan,pemilu 2019,berita palembang,berita sumsel,anggota partai politik

PPP Sumsel optimistis penuhi kouta caleg perempuan

Ketua DPW PPP Sumsel Agus Sutikno (ANTARA News Sumsel/Susilawati/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - DPW Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Selatan merasa optimistis bisa memenuhi kouta calon legislatif perempuan pada pemilu 2019 nanti.

Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Selatan, Agus Sutikno menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai kouta caleg perempuan pemilu 2019 di Palembang, Senin.

Menurut dia, pada pemilu lalu untuk caleg perempuan itu ada beberapa yang kurang seperti di daerah pemilihan Sumsel III (Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir).

Ia menyatakan, dari 10 daerah pemilihan untuk DPRD Sumsel itu hanya satu dapil saja yang kurang yaitu Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir.

"Mudah-mudahan ke depan nanti bisa terpenuhi semua untuk kouta caleg perempuan di semua daerah pemilihan. Jadi, harus optimistis," katanya.

Sementara mengenai pendaftaran calon legislatif untuk pemilu 2019, ia menjelaskan, mulai 19 Februari 2018 ini sudah dimulai pendaftaran bagi caleg dari luar partai tersebut yang tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Pendaftaran untuk caleg dari luar PPP tersebut di semua tingkatan mulai caleg untuk DPR RI sampai DPRD kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Ia menuturkan, untuk pendaftaran caleg tersebut bisa satu tingkat diatasnya misalnya caleg DPRD kabupaten/kota bisa daftar di kabupaten/kota dan bisa juga di provinsi, begitu juga untuk DPRD provinsi, bisa di provinsi dan di tingkat pusat.

Sementara untuk perbandingan caleg tersebut, sekitar 60 persen dari dalam, sedangkan 40 persen lagi dari luar partai, kalau ada, katanya.

Sebagaimana diketahui sebanyak 14 partai politik peserta pemilu 2019, telah memperoleh nomor urut peserta Pemilu 2019, melalui pengundian yang dilakukan KPU RI.
(T.KR-SUS/M041)