Conoco philips salurkan beasiswa untuk 410 mahasiswa

id Conoco philips,bea siswa,conoco philips salurkan bea siswa,mahasiswa,beasiswa untuk mahasiswa, perusahaan migas, csr pendidikan,bantuan sosial perusa

Conoco philips salurkan beasiswa untuk 410 mahasiswa

Arsip - Bantuan beasiswa dari perusahaan Conoco Philips (ANTARA News Sumsel/13/Feni Selly)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Perusahaan eksplorasi migas ConocoPhilips yang beroperasi di blok Grissik, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyalurkan beasiswa untuk  410 orang mahasiswa perguruan tinggi di kabupaten tersebut.

Manajer CSR ConocoPhillips Indonesia Mochamad Adjie Suryaningrat di Palembang, Kamis, bekerja sama dengan Yayasan Ancora, perusahaan menyalurkan beasiswa ke mahasiswa di desa-desa sekitar wilayah operasi CPGL.

Menurut Adjie, program ini bertujuan memfasilitasi perbaikan mata pencarian masyarakat lokal dengan memberikan kesempatan meraih pendidikan yang lebih tinggi melalui bantuan keuangan.

"Perlu diketahui, di antara 410 penerima beasiswa ini termasuk ada 100 guru. Hal ini juga sebagai upaya ConocoPhillips membantu pemerintah dalam penyediaan guru yang berkualitas," ujar Adjie saat penyerahan beasiswa di Grand Atyasa Palembang.

Ia mengatakan, dalam program yang kali ini mengangkat tema "Pemuda Bangkit Berkarya", para mahasiswa juga diajak berdiskusi mengenai masalah dan potensi yang ada di desa mereka masing-masing.

"Penerima beasiswa ini diwajibkan untuk melakukan tugas kewirausahaan sosial, kepemimpinan dan pembekalan kerja di berbagai bidang sesuai latar belakang pendidikan masing-masing," kata dia.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Tiraj Sambu Ichtijar mengapresiasi program bantuan pendidikan ConocoPhillips Indonesia ini. Apalagi setiap tahun program beasiswa yang diluncurkan berbeda temanya, tapi intinya tetap membangkitkan kewirausahaan di sekitar wilayah operasional.

"Kebanyakan CSR beasiswa ya cukup di beasiswa atau ikatan dinas. Berbeda dengan beasiswa ConocoPhillips yang mendorong mahasiswa menjadi wirausahawan. Saya dengar sudah ada 5.000 penerima beasiswa ConocoPhillips di Muba ini. Kalau semua penerima beasiswa ini bersinergi membangun Muba, saya yakin Muba akan jadi daerah yang lebih maju," kata Tiraj.

Sementara itu, Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Erlina mengatakan, semakin banyaknya perusahaan yang peduli pendidikan akan semakin baik. Hal itu jelas sangat membantu pemerintah yang juga fokus pada pendidikan.

"Tahun 2008 Pemprov Sumsel launching sekolah gratis, lalu di tahun 2015 launching kuliah gratis. Beasiswa yang dikucurkan Pemprov Sumsel baru sekitar 2.500 pelajar dan mahasiswa. Kalau mendengar ConocoPhillips Indonesia sudah memberikan beasiswa untuk 5.000 pelajar dan mahasiswa, maka ini sangat luar biasa," ujar dia.

Erlina pun berpesan agar mahasiswa penerima beasiswa segera menyelesaikan kuliah dan kembali ke desa masing-masing untuk membangun daerah.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini dengan baik. Buktikan anak-anak Muba tidak kalah dengan daerah lain," kata dia.