6.069 Ha hutan Bangka Tengah jadi Tahura

id hutan,berita sumsel,berita palembang,lokasi hutan,Bukit Mangkol,taman hutan raya,hutan bangka

6.069 Ha hutan Bangka Tengah jadi Tahura

Ilustrasi Hutan (Ist)

Koba (ANTARA News Sumsel)- Seluas 6.069 hektare hutan di kawasan Bukit Mangkol, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan,sebagai taman hutan raya (Tahura).

"Kawasan Mangkol itu pengelolaannya sudah diserahkan kepada daerah dan ditetapkan sebagai Tahura untuk kepentingan edukasi, ekologi, dan kawasan wisata," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah Ali Imron di Koba, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan inventarisasi terhadap ribuan hektare hutan di Bukit Mangkol tersebut karena sebagia hutan dengan kondisi yang sudah rusak.

"Sebagian kawasan hutan tersebut sudah ada yang rusak akibat penambangan bijih timah dan sebagian dirambah masyarakat untuk berkebun sehingga hutan yang dulu asri menjadi gundul," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan inventarisasi dan pemetaan lokasi hutan serta dibentuk semacam blok sehingga tertata dengan baik.

"Kalau kawasan Mangkol sudah menjadi Tahura tentu menjadi tanggung jawab daerah untuk mengelolanya dan dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya," katanya.

Ia mengatakan, Tahura di kawasan Mangkol akan dibagi menjadi dua blok yaitu blok reboisasi dan blok tradisional untuk memudahkan dalam melakukan penataan serta pembangunan hutan sesuai dengan potensi yang ada.

"Kami membuat blok tradisional karena di dalam Tahura banyak masuk kebun masyarakat, tentu kebun masyarakat tersebut tidak akan diambil alih dan tetap menjadi hak mereka tetapi tidak boleh dijual," katanya.
(T.KR-AMD/N. Yuliastuti)