Dinkes sediakan sepeda motor ambulance

id ambulance,mobil ambulance,berita palembang,berita sumsel,motor ambulance,Pelayanan Kesehatan desa,puskesdes

Dinkes sediakan sepeda motor ambulance

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyediakan sepeda motor ambulance setiap lokasi pelayanan kesehatan seperti Pelayanan Kesehatan Desa atau puskesdes.

"Penyediaaan kendaraan sepeda motor disetiap lokasi atau Puskesdes sudah sejak lama disediakan Pemkab OKU untuk dijadikan sarana ambulance desa," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Rozali di Baturaja, Sabtu.

Menurut dia, sarana transportasi kesehatan tersebut tidak semestinya harus berupa mobil, namun sepeda motor dan roda tiga bahkan sepeda juga bisa dijadikan kendaraan ambulance di desa.

"Jadi tidak harus berupa mobil. Yang penting kendaaran ini bisa dimanfaatkan fungsinya sebagai ambulance," ungkapnya.

Ia mengakui, sebutan ambulance memang masih indentik berupa kendaraan roda empat atau sering disebut mobil ambulance.

Padahal kata Rozali, selama ini Pemkab OKU telah menyediakan sarana ambulance setiap wilayah desa yang ditempatkan tenaga bidan desa menggunakan kendaraan roda dua untuk dimanfatkan sebagai ambulance desa.

"Hanya saja memang secara optimal sebagusnya kendaraan ambulance berbentuk mobil. Tapi tidak menyalahi aturan jika motor bahkan sepeda kayuh dijadikan ambulance desa.

Jumlah sepeda motor yang dijadikan ambulance desa di OKU, Rozali mengaku tidak hapal secara keseluruhan. Namun sejauh ini, tempat pelayanan kesehatan seperti rumah bidan disetiap desa sebagian besar sudah disiapkan kendaraan roda dua untuk dijadikan ambulance.

Sepeda motor yang disediakan tersebut, kata dia, merupakan barang inventaris milik pemerintah daerah setempat yang diserahkan kepada bidan desa untuk akomodasi pelayanan masyarakat di wilayah kerjanya.
(T.KR-EDO/I016)