Pertamina ajak konsumen dukung program langit biru

id langit biru,pertamina,kurangi emis,bahan bakar ramah lingkungan,berita palembang,ron 88,Putut Andriatno

Pertamina ajak konsumen dukung program langit biru

Penandatanganan Memorandum of Undertstanding (MoU) kerja sama joint promo antara Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan dan Auto 2000 Plaju kerja sama uji emisi mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar dengan Resear

Palembang (ANTARANews Sumsel) - Pertamina Marketing Operation Region  II Sumatera Bagian Selatan dan Auto 2000 Plaju Palembang mengajak konsumen memilih bahan bakar minyak berkualitas untuk mendukung pemerintah memprogramkan langit biru.

Manager Retail Fuel Marketing Operation Region (MOR) II Pertamina Sumbagsel Putut Andriatno menyampaikan hal itu di Palembang, Rabu usai menandatangani kerja sama (MoU) promo antara Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dengan Auto 2000 Plaju dan melakukan kerja sama uji emisi mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 88, 90, dan 92.
    
Hasil uji emisi yang dilakukan oleh Pertamina dan Auto 2000 menunjukkan, bahwa penggunaan bahan bakar dengan RON 88, cenderung mengeluarkan emisi hidrocarbon di angka rata-rata 350 ppm dan karbon monoksida di angka rata-rata 6.30 persen di rpm 3000.
    
Sedangkan untuk bahan bakar dengan RON 90 dan 92, emisi hidrocarbonnya berada di bawah angka 330 ppn dan karbon monoksida dibawah angka 6.20 persen di rpm 3000.

Bahkan hasil uji emisi RON 92 memperlihatkan karbon monoksida di angka 6.05 persen zat hidrocarbon dan Karbon Monoksida adalah beberapa zat polutan yang sangat berpengaruh terhadap emisi gas rumah kaca dan buruknya kualitas udara yang dihirup makhluk hidup.

"Berdasarkan hasil itu, kami memfokuskan kerja sama kami dengan Auto 2000 dalam hal edukasi manfaat produk bahan bakar khusus (BBK) seperti pertalite, pertamax kepada konsumen oleh tim Auto 2000," katanya.
  
Ia menyatakan, uji emisi gratis di 11 SPBU di Palembang secara bergantian pada hari Senin hingga Jumat dan Initial Filling untuk kendaraan keluaran baru dan ownused operasional Auto 2000 dengan BBK.

Ia berharap, kerja sama ini dapat berjalan dengan baik sehingga konsumen bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari MoU ini.

"Bersama Auto 2000, kami akan berbagi ilmu bahwa dengan produk BBK yang berkualitas, kinerja mesinpun akan makin baik dan terawat. Keahlian dan pengalaman Auto 2000 tentang mesin akan membantu masyarakat mendapatkan info mengenai manfaat dari produk BBK Pertamina," ujarnya.

Sementara Kepala Cabang Auto 2000 Plaju, Said Ali mengatakan, kerja sama ini juga menjadi penting bagi konsumen Auto 2000.

"Kendaraan dari Auto 2000 memiliki standar spesifikasi mesin yang spesifik, dari hal inilah kami ingin berbagi dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat penggunaan produk BBK terhadap kualitas mesin kendaraan mereka bersama Pertamina," ujarnya.

Ia menjelaskan, mesin yang menggunakan bahan bakar sesuai atau diatas standar spesifikasinya akan jauh lebih terawat dan tentunya akan sesuai dengan standar batas emisi yang ditentukan.

Sekretaris Daerah Sumatera Selatan, Nasrun Umar menjelaskan bahwa pemerintah amat memperhatikan masalah pencemaran lingkungan, salah satunya dari kendaraan bermotor.

"Kami sangat mengapresiasi Pertamina dan Auto 2000 yang mengedukasi masyarakat melalui uji emisi kendaraan, mengenai pentingnya pengaruh bahan bakar terhadap mesin dan tentunya lingkungan," tuturnya.

Ia berharap kerja sama seperti ini untuk terus dilanjutkan dan mengajak lebih banyak partisipasi masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya edukasi ini, masyarakat Kota Palembang dapat memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraannya. Dengan demikian, masyarakat secara aktif juga mendukung pemerintah dalam mewujudkan Program Langit Biru, yakni udara bersih tanpa polusi kendaraan, apalagi di tahun ini kita akan menyambut  Asian Games," katanya.
(T.KR-SUS/I. Gultom)