Sumsel terus kembangkan PLTS

id plts, pembangkit listrik tenaga surya, kadis esdm, robert heri, sumsel kembangkan plts, plts ramah lingkungan

Sumsel terus kembangkan PLTS

Dokumentasi - PLTS di kawasan Jakabaring Palembang (ANTARA Sumsel/Evan Ervani/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan terus mengembangkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) karena potensinya di daerah ini cukup besar.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Meneral Sumsel Robert Heri di Palembang, Senin mengatakan potensi PLTS di daerah ini masih banyak sehingga itu harus dikembangkan.

Pantai Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel juga berpotensi untuk dijadikan areal PLTS sehingga itu perlu terus digali, ujar dia.

Apalagi PLTS merupakan energi terbarukan sehingga itu harus terus dibangun, kata dia.

Menurut dia, listrik menggunakan tenaga surya merupakan ramah lingkungan dan itu sudah menjadi program utama Pemerintah Provinsi Sumsel.

Sehubungan itu pihaknya terus mendata potensi yang layak dijadikan PLTS di daerah ini supaya udara semakin bersih, kata dia.

Dia mengatakan, pendataan areal yang tepat untuk dijadikan lokasi PLTS itu terus dilakukan karena phaknya terus menggali potensi energi terbarukan.

Selain PLTS, pihaknya juga akan mengembangkan pembangkit listrik tenaga air karena potensinya juga sangat besar.

Untuk PLTS sendiri sekarang ini Pemerintah Provinsi Sumsel sedang membangun energi tenaga matahari di kawasan olahraga Jakabaring Palembang, ujar dia.

Pembangunan PLTS yang tahap awal berkapasitas 2 MW itu bekerja sama dengan PT Sharp Jepang, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, PLTS tersebut untuk mendukung program pemerintah terutama dalam menghadapi Asian Games 2018.

Selain itu kawasan olahraga Jakabaring Palembang akan dijadikan kawasan bebas polusi sehingga pembangunan PLTS sangatlah tepat, tambah dia.