Ronaldo merupakan pemain terbaik yang pernah ada

id zidane, pelatih real madrid, ronaldo pemain terbaik, Cristiano Ronaldo, Cristiano Ronaldo meraih Ballon d'Or

Ronaldo merupakan pemain terbaik yang pernah ada

Cristiano Ronaldo (REUTERS/Juan Medina))

Madrid (Antara/Reuters) - Setelah melihat Cristiano Ronaldo meraih Ballon d'Or kelimanya pada Kamis, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menyebut penyerang Portugal itu merupakan pemain terbaik yang pernah ada.

"Ya. Angka-angkanya berbicara untuk itu, baik dalam arti apa yang telah ia lakukan dan apa lagi yang masih akan datang," kata Zidane ketika ditanyai apakah ia merasa pemain bernomor punggung tujuhnya itu merupakan yang terbaik sepanjang masa.

"Saya ingin ia berada di sini selamanya. Ia benar-benar bahagia di Madrid dan ia akan menyelesaikan kariernya di sini, ia telah mengatakannya sendiri. Tidak ada kata-kata yang dapat Anda gunakan untuk menjelaskan Ronaldo. Apa yang ia lakukan fenomenal."

"Seorang pemain dapat datang ke sini, menghabiskan 20 tahun bermain di tim ini dan masih tidak mencapai apa yang telah ia lakukan. Saya berharap ia terus mengukir sejarah di sini sampai ia pensiun."

Sosok yang juga pernah mendapatkan penghargaan ini pada 1998 setelah memimpin Prancis menjuarai Piala Dunia, Zidane mengakui keunggulan anak asuhnya itu ketika ditanyai mengenai pencapaiannya dibandingkan apa yang diraih Ronaldo.    

"Saya tentu saja lebih baik!" guraunya pada konferensi pers. "Anda tahu apa yang saya pikirkan, ia jauh lebih baik, namun saya juga tidak memiliki karier yang buruk."

Berbicara sebelum menjamu Sevilla, yang memiliki koleksi poin yang sama dengan Real yakni 28 poin di Liga Spanyol, pada Sabtu, pria Prancis itu mengungkapkan bahwa krisis pertahanan klub telah mereda.

Meski ia tidak akan dapat memainkan tiga dari empat bek pilihan pertamanya -- Sergio Ramos, Dani Carvajal, dan Raphael Varane -- karena kombinasi cedera dan skors, bek tengah cadangan Jesus Vallejo telah pulih dari terkilir.

Varane, yang harus meninggalkan lapangan saat melawan Borussia Dortmund pada Rabu, memiliki masalah minor dan akan pergi untuk bermain di Piala Dunia Klub pekan depan.

Bagaimanapun, Gareth Bale, tetap absen dan Zidane tidak yakin penyerang Wales itu akan tampil di Arab Saudi ketika Real berusaha mempertahankan gelarnya.

Penerjemah: RF/A.R.A Adipati