Ribuan warga Medan saksikan kirab budaya Kahiyang-Bobby

id ribuan warga medan saksikan kirab kereta kahiyang-bobby, jokowi ngunduh mantu, jokowi, joko widodo, presiden, uapacara adat mandailing pernikahan kahi

Ribuan warga Medan saksikan kirab budaya Kahiyang-Bobby

Dokumentasi - Presiden Joko Widodo sekeluarga turun dari kereta kencana saat akan melaksanakan prosesi ijab dan resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Solo. (ANTARA /Mohammad Ayudha)

Medan (ANTARA Sumsel) - Ribuan warga terlihat antusias menyaksikan kirab budaya yang diikuti Presiden Joko Widodo dalam pernikahan puterinya Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Medan, Minggu.

Kepada Antara di Medan, sejumlah warga mengaku sudah berada di Jalan Gagak Hitam yang menjadi rute kirab sebelum pukul 07.00 WIB. Beberapa warga mengaku sengaja mendatangi rute kirab budaya sejak awal agar tidak terjebak kemacetan.

Warga yang menyaksikan kirab budaya yang diikuti Presiden Joko Widodo tersebut bukan hanya dari Kota Medan, melainkan warga dari Kabupaten Deliserdang dan Kota Binjai.

Engga (54), warga Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang mengaku sengaja menginap di rumah anaknya yang bertempat tinggal di Kota Medan, agar dapat menyaksikan kirab tersebut.

Menurut dia, kirab budaya tersebut sangat menarik, apalagi diikuti Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta keluarga besarnya.

"Jarang-jarang ada seperti ini, makanya saya mau nengok (menyaksikan)," ucapnya.

Sementara itu, Nur Kamariah (69) mengaku sangat bangga dengan kirab budaya tersebut, disebabkan akan menampilkan berbagai budaya di Tanah Air.

Warga Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang tersebut mengaku mengikuti pemberitaan mengenai pernikahan Kahiyang-Bobby, terutama tentang kirab budaya sehingga tertarik ingin menyaksikan.

"Saya ingin melihat budaya Sumatera Utara dalam kirab ini, apalagi Pak Jokowi senang dengan budaya yang ada di Indonesia," tuturnya.