Warga diminta tidak bergantung sama timah

id timah, tambang timah, biji timah, Ibnu Saleh, sektor UMKM, Bupati Bangka Tengah, usaha lain. umkm

Tambang timah . (ANTARA)

Koba (ANTARA Sumsel) - Bupati Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta warga tidak terlalu bergantung pada sektor pertambangan bijih timah untuk meningkatkan perekonomian, karena masih ada sektor potensial lain yang dapat dikembangkan.

"Sudah terlalu lama masyarakat bergantung kepada sektor pertimahan, potensi sektor ini suatu saat akan habis maka harus bisa beralih ke sektor lain yang potensinya cukup besar jika dikembangkan secara maksimal," kata Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan sektor pertambangan bijih timah kendati mampu mendatangkan uang secara cepat namun dampaknya cukup luas baik sosial maupun terhadap kerusakan lingkungan.

"Saya mengajak masyarakat mulai menggarap sektor UMKM setelah timah yang cadangan bahan bakunya mulai habis dan memiliki banyak persoalan," katanya.

Ibnu mengatakan, dirinya memilih judul karya ilmiah terkait potensi di luar timah yang dapat dikembangkan terutama sektor UMKM untuk mendapatkan gelar Doktor.

"Saya melihat pada akhir 2013 kondisi perekonomian masyarakat semakin terpuruk sejak PT Koba Tin yang bergerak pada sektor pertambangan bijih timah tutup," katanya.

Ia mengatakan kondisi demikian menunjukkan bahwa sektor pertambangan bijih timah sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat.

"Sementara sektor pertambangan bijih timah dihadapkan pada berbagai persoalan baik lingkungan, izin dan cadangan yang sudah mulai menipis," katanya.

Justeru itu, kata dia, pemerintah daerah harus mengambil langkah cepat untuk mengembangkan sektor alternatif yang bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

"Saya melihat masih banyak sektor lain yang bisa dikembangkan di antaranya sektor UMKM, pertanian dan perkebunan," katanya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar