Dinkes OKU dukung program Germas

id dinkes oku, germas, gerakan masayakat hidup sehat, cegah penyakit, hidup sehat, penyakit tida menular, kementerian kesehatan

Dinkes OKU dukung program Germas

Dokumentasi - Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) minum susu dan makan telur saat kampanye makan dan minuman sehat (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan guna mencegah penyakit tidak menular.

"Dalam mensukseskan program pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan ini kami akan menggelar seminar pencegahan Penyakit Tidak Menular," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Suharmasto melalui Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Afua Amuri di Baturaja, Jumat.

Pihaknya mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintahan Kabupaten OKU untuk menjadi peserta seminar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang akan dilaksanakan pada 16 November 2017.

"Tidak hanya PNS saja yang kami ajak menjadi peserta, namun semua masyarakat umum di OKU diharapkan mengikuti seminar," katanya.

Dia menjelaskan, materi yang akan diberikan pada seminar tersebut yaitu upaya pencegahan penyakit berbahaya seperti diabetes dan strok disebabkan oleh faktor pola makan, kurangnya menkonsumsi buah dan sayuran.

"Rangkaian kegiatan Germas ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel bersama Dinkes OKU yang berperan sebagai penyedia tempat dan peserta seminar," jelasnya.

Selain itu kata dia, pada 14-18 November 2017 juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan kampanye Germas seperti seminar, penyuluhan bahaya penggunaan narkoba, lomba mewarnai bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan tingkat Sekolah Dasar.

Serta akan menggelar tablig akbar yang dilaksanakan di Islamic Ceneter Baturaja dan hari terakhir jalan santai bersama seluruh unsur muspida beserta masyarakat OKU.

"Kami sudah melakukan sosialisasi bersama pihak terkait guna mensukseskan kegiatan tersebut," ujarnya.